Home Sumsel OKUT Relawan Demokrasi Pemilu OKU Timur Siap Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Relawan Demokrasi Pemilu OKU Timur Siap Tingkatkan Partisipasi Pemilih

99
0
Relawan Demokrasi mendapat pemahan materi

GoSumsel – Puluhan Relawan Demokrasi Pemilu Tahun 2019 di OKU Timur mengikuti Bimbingan Teknis pembekalan. Selasa, (22/01) di Ruang Bina Praja II Kantor Bupati OKU Timur.

Dalam Bimtek ini, sebanyak 55 Relawan Demokrasi dari berbagai Basis di berikan pengetahuan seputar Kepemiluan serta dasar-dasar kode etik Relawan dalam melaksanakan tugasnya.

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, Sos.I melalui Komisioner KPU Divisi SDM dan Parmas Yuliansah, SE mengatakan, relawan Demokrasi ini merupakan gerakan sosial untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Yang melibatkan peran serta masyarakat.

“55 Relawan Demokrasi ini akan ditugaskan di setiap kecamatan yang ada di OKU Timur. Relawan demokrasi ini kita minta harus menargetkan dalam peningkatkan partisipasi pemilih saat pemilihan nanti,” ucapnya.

Yuliansah melanjutkan, relawan Demokrasi melibatkan 11 basis kelompok masyarakat yakni basis pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang disabilitas, berkebutuhan khusus dan lain sebagainya. Dengan tujuannya meningkatkan kualitas proses pemilu, partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.

“Tentu ini membutuhkan kerja maksimal. Relawan ini juga nanti akan kita minta laporan setiap minggu nya, apa hasil kerja dilapangan ini akan menjadi acuan untuk peningkatan partisipasi kedepan,”sebutnya.

Terakhir Yuliansah menegaskan, dalam menjalankan tugasnya relawan Demokrasi harus mampu memberikan pemahaman dan penyampaian pentingnya demokrasi ke masyarakat, jadwal pemilu, tata cara pemberian suara, pengenalan peserta pemilu, hal-hal lain yang di anggap sesuai kebutuhan basis ini harus di sampaikan ke masyarakat.

“Kita harapkan kedepan dapat rekan-rekan relawan Demokrasi dapat bekerja maksimal. Sehingga dapat bersama-sama meyakinkan masyarakat pentingnya hak suara dalam pemilu,”katanya.(gS/OTi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here