Home Ogan Ilir Generasi Milenial Diberi Wasbang oleh Koramil 402-07/Indralaya

Generasi Milenial Diberi Wasbang oleh Koramil 402-07/Indralaya

41
0

GoSumsel – Memberikan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada masyarakat khususnya dunia pendidikan adalah hal yang sangat penting yang harus dilakukan. Kegiatan ini harus dilakukan di Sekolah sejak sedini mungkin agar dalam jiwa setiap siswa tertanan rasa cinta tanah air yang dalam. Dengan rasa cinta tanah air maka diharapkan para pelajar dan generasi muda akan mampu melindungi negara dan bangsanya.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 402-07/Inderalaya Kodim 0402/OKI Pelda Suharjo memberikan materi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada para Siswa Siswi baru tahun ajaran 2019/2020 di SMA Negeri 1 Indralaya Selatan Ogan Ilir (OI) sebanyak 160 pelajar, Senin (15/7).

Setiap bangsa dan negara di dunia ini tentu akan selalu berusaha untuk mewujudkan cita-cita dan kepentingan nasionalnya. Demikian juga halnya dengan bangsa dan negara Indonesia. “Dalam Pembukaan UDD 1945 alenia keempat, tujuan bangsa Indonesia membentuk suatu pemerintahan negara adalah untuk melindungli segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehipuan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamain abadi dan keadilan sosial, dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila”, jelas Pelda Suharso dihadapan para Siswa SMA Negeri 1 Indralaya Selatan.

Lanjut Pelda Suharso, “Guna menjamin tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kelangsungan hidup bangsa dan negara maka Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi titik sentral yang perlu dibina dan dikembangkan sebagai potensi bangsa agar mampu melaksanakan pembangunan di segala bidang, maupun mengatasi segala bentuk Ancaman Tantangan Hambatan dan Gangguan (ATHG) yang berasal dari dalam maupun luar negeri”, ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0402/OKI Letkol Inf Riyandi menyampaikan, misi Kodim 0402/OKI adalah “Bersama kita bersatu, dengan kasih kita membangun”. Pada saat ini pembangunan yang akan kita majukan adalah pembangunan mental salah satunya mental idiologi yaitu Wasbang. “Tujuannya untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan bela negara semua kompenen masyarakat terhadap pertahanan negara ini. Apabila ada kemungkinan negara ini untuk diagresi dan invasi sangat kecil kemungkinanya,tetapi untuk dihancurkan secara nirmiliter sangat berpotensi. Oleh karena itu, perlunya kita mengunggah nasionalisme seluruh kompenen masyarakat untuk mengatasi segala bentuk ancaman”, kata Dandim.

Dandim 0402/OKI Letkol Inf Riyandi juga memerintahkan kepada anggotanya untuk selalu memberikan wawasan kebangsaan dan menyambangi dari Sekolah ke Sekolah agar siswa/siswi bisa dapat memahami segala sesuatu dan memperkuat rasa dalam menanamkan jiwa patriot Pancasila untuk mensosialisasikan nasional kebangsaan terkhusus dunia pendidikan.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Indralaya Selatan Bapak H. Heru Supeno, S.Pd, M.Si. menyambut baik kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kedisiplinan siswa siswi dan dapat menumbuhkan karakter nasionalisme dan kebangsaan, dan Insya Allah akan dilanjutkan dengan MOU agar kegiatan dapat berlangsung terus menerus,” ungkap Heru.(gS/Ki)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here