Beranda Prabumulih Kungker, Feby Deru Bangga dengan PKK Prabumulih

Kungker, Feby Deru Bangga dengan PKK Prabumulih

46
0
Ketua PKK Sumsel (dua dari kiri) menyambangi salah satu PAUD yang ada di Kota Prabumulih

GoSumsel – Dalam kunjungan kerja ke Kota Prabumulih, Senin (14/10). Ketua TP PKK Sumsel Febrita Lustia Herman Deru bersama tim penggerak PKK Sumsel melaksanakan melakukan pembinaan dan penilaian lomba 10 program pokok PKK.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Ketua TP PKK Sumsel Feby Deru mengapresiasi kinerja PKK kota Prabumulih yang dinilainya bagus dan berkelanjutan.

“Saya salut dengan PKK Prabumulih yang demikian bersemangat, dan terus bergerak melaksanakan sepuluh program pokok PKK, demi memajukan masyarakat di lingkungan wilayahnya masing-masing,”tuturnya.

Menurut ibu empat putri dan dua cucu itu, berbagai prestasi yang telah diraih PKK Prabumulih seperti juara lomba Hatinya (Halaman Asri Tertib Indah dan Nyaman) PKK tingkat nasional, nominasi empat besar lomba Toga (tanaman obat keluarga) nasional dan lainnya harus terus dipertahankan bahkan bila perlu ditingkatkan.

“Apresiasi atas berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Semangat menggerakkan ini harus dipertahankan, jangan sampai mandeg di tengah jalan sehingga program yang berjalan terbengkalai. Bahkan setelah keluar menjadi pemenang sekalipun, program-program harus tetap berlanjut, agar saat ada daerah lain melakukan kaji banding, program tersebut masih ada,”jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Feby Deru juga berpesan agar PKK kota Prabumulih baik di tingkat kecamatan ataupun kelurahan mampu menelurkan produk unggulan yang menjadi ciri khas masing-masing. Dirinya bahkan mengusulkan Kelurahan II Kota Prabumulih menjadikan jamu sebagai produk unggulan mengingat di daerah tersebut banyak terdapat pengrajin jamu. Tidak hanya itu, Feby Deru juga mengapresiasi atas terobosan UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga) yang menyajikan produk pangan dan makanan kecil dalam kemasan besek (wadah makanan berbahan anyaman bambu). Menurutnya hal itu sebagai perwujudan langkah nyata mengurangi penggunaan sampah plastik dan bentuk kearifan lokal.

Selain melakukan pembinaan dan penilaian lomba 10 program pokok PKK, Feby Deru pun menyerahkan bantuan berupa paket CD Mars PKK,  buku The Power of Etiquette karya Sri Rahayu Suroso untuk sudut baca PKK, dan buku Kreasi Busana Daerah Indonesia Warisan Nusantara oleh Yayasan Kemala Bhayangkari.

Sementara, Ketua TP PKK kota Prabumulih Suryanti Ngesti Rahayu mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja TP PKK Sumsel di kota Prabumulih, khususnya di Kelurahan Pasar II kota Prabumulih.

“Lokasi acara tempat kita berlangsung ini adalah kawasan toga yang masuk nominasi 4 besar tingkat nasional. Semula kawasan ini adalah tempat pembuangan sampah, namun berkat sentuhan motivator kami, pak Muhajirin kawasan ini berubah menjadi lebih baik, dan sampah yang ada dikelola menjadi barang yang lebih bermanfaat”, ujarnya.

Lebih lanjut Suryanti Ngesti Rahayu menjelaskan berbagai program pokok PKK yang telah dijalankan masing – masing pokja (kelompok kerja) PKK kota Prabumulih, seperti pengajian, lomba barzanji, pelatihan memandikan jenazah, pembinaan pola asuh anak dan remaja, sosialisasi dan advokasi kekerasan dalam rumah tangga, serta pelaksanaan iva tes.

“Kami memiliki PAUD Prabumulih Cerdas, kegiatan rumah pintar, yang diperuntukkan bagi para ibu yang memiliki anak usia PAUD dengan kegiatan belajar membaca Al Quran dan ketrampilan lainnya. Juga ada pelatihan dan pembinaan UP2K berupa permen nanas, dan permen daun kelor yang kami pusatkan di Kelurahan Patih Galung,”tandasnya.(gS/pR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here