Home Palembang GOPK Minta Polda Sumsel Tindak Lanjuti Proses Hukum Komisioner Bawaslu

GOPK Minta Polda Sumsel Tindak Lanjuti Proses Hukum Komisioner Bawaslu

78
0
Aksi damai massa GOPK di depan Mapolda Sumsel

GoSumsel – Massa Gabungan Ormas Penegak Keadilan (GOPK), Kamis (7/11) menggelar aksi damai di depan Mapolda Sumsel. Dengan membentang spanduk dan karton, Massa GOPK minta Polda Sumsel memproses hukum salah satu Komisioner Bawaslu Sumsel.

Hal tersebut berdasarkan Putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) No 228-PKE-DKPP/VIII/2019 dan nomor 229-PKE-DKPP/VIII/2019.

Koordinasi Aksi GOPK, Rahmat Sandi menerangkan bahwa, dalam putusan DKPP tersebut komisioner Bawaslu Sumsel Junaidi terbukti bersalah dan melanggar peraturan perundang-undangan yang ada dengan mencoba memanipulasi hasil pemilu lalu.

“Saudara Junaidi dijatuhi hukuman peringatan keras dan diberhentikan dari jabatan Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sumsel,”terangnya.

Dilain itu dalam tuntutannya, GOPK mendesak Komisioner Bawaslu Sumsel Junaidi, segera mengundurkan diri dari jabatannya.

“Ini karena Junaidi telah terbukti melanggar asas kejujuran dan kemandirian dalam pemilu sehingga tidak pantas sebagai komisioner Bawaslu Sumsel lagi,”tuturnya.

Tuntutan pendemo akhirnya diterima Kompol Abudani dari Humas Polda Sumsel dan berjanji akan menyerahkan tuntutan tersebut ke pimpinan Polda Sumsel.

“Kami akan tindak lanjuti tuntan ini, terimakasih telah menggelar aksi dengan damai, dan arus lalu lintas tidak terganggu,”tandasnya.(gS3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here