Beranda OKU OSIS, Tempat Siswa Belajar Politik Sejak Dini

OSIS, Tempat Siswa Belajar Politik Sejak Dini

87
0
Ilustrasi

GoSumsel – Mengenalkan Demokrasi dilingkungan Sekolah adalah salah satu cara mendidik sisw/i agar mengenal sistem ini dan dapat menerapkannya sesuai aturan yang berlaku, dengan tujuan tersebut SMK Yadika Baturaja melaksanakan pemilihan secara langsung Ketua OSIS periode 2019-2020. “Pemilihan ini sebagai bentuk demokrasi dilingkungan sekolah,” ujar Kepala SMK Yadika Baturaja Boy Adriansyah SPd didampingi pembina OSIS ibnu umi abdin SPd.I

Pesta demokrasi di SMK Yadika ini diikuti oleh ratusan siswa, guru dan staf di SMK Yadika Baturaja. ” sekaligus pendidikan dini dalam sistem pemilihan umum, yang biasa di selenggarakan di suatu daerah dalam memilih pemimpin,” katanya.

Tahun ini pemilihan Ketua OSIS ini diikuti sebanyak 5 kandidat pasangan calon ketua Osis dan wakil ketua osis. Kalau untuk ketuanya di ambil semuanya kelas XI dan wakil ketua kelas XI dan X. Dengan jumlah daftar pemilih sebanyak 244 siswa, 40 guru.

Boy menyebutkan OSIS dianggap cukup efektif dalam hal memberikan pembelajaran berorganisasi, bergaul, kekeluargaan sehingga kenakalan remaja dapat menurun.

“Pihak sekolah selalu mendorong kegiatan yang diadakan oleh siswa di sekolah. Karena dengan begitu anak-anak dapat mengembangkan bakatnya di beragam aktivitas yang ada dan dapat mengurangi kegiatan negatif dan yang tidak diinginkan,” lanjutnya.

Ia menambahkan, jangan berpikiran
berpolitik itu sesuatu yang kotor. Sebenarnya politik itu baik, bersih. “Hari ini para siswa diajarkan untuk berpolitik sehat dan bagi yang kalah harus berbesar hati dan mendukung ketua terpilih. Semoga pelajaran yang kecil ini bisa berharga dikemudian hari,” jelasnya.

Sedangkan untuk yang terpilih lanjutnya, dapat lmemimpin dengan baik serta lebih giat lagi dalam menjalankan program OSIS kedepan sehingga SMK Yadika Baturaja bisa lebih maju lagi. “Harapan kita yang terpilih bisa memberikan contoh yang baru bagaimana cara memimpin organisasi ini dengan baik,” harapnya. (syah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here