Beranda Palembang Kontak dengan Terinfeksi, dr Ayus : 14 Orang Sudah Kita Minta Melakukan...

Kontak dengan Terinfeksi, dr Ayus : 14 Orang Sudah Kita Minta Melakukan Isolasi Sendiri di Rumah

499
Ketua Gugus tugas percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Kota Palembang dr. Ayus Astoni

GoSumsel – Ketua Gugus tugas percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Palembang, dr. Ayus Astoni sudah menemukan alamat serta nama dari orang yang dinyatakan positif terinfeksi virus yang berasal dari Wuhan China.

“Warga Palembang, satu yang positif Corona, dan telah meninggal dunia, atas nama JS dan lokasi rumahnya sudah dilakukan penyemprotan disinfektan,”jelas dr. Ayus, usai mengikuti Video Confrence bersama Gubernur Sumsel di Command Center Lawang Jabo, Selasa malam (24/3).

Ayus mengatakan, sejak awal pihaknya sudah melakukan langkah-langkah terkait meninggalnya dua orang pasien dalam pemantauan (PDP) pihak Rumah Sakit Umum Pusat Dr Mohammad Hosein (RSMH) Palembang, dimana salah satunya adalah warga Palembang.

Dimana salah satunya adalah dengan melakukan pelacakan kontak erat resiko tinggi, terhadap keluarganya, petugas kesehatan dan siapa saja yang berkontak erat dengan almarhum.

“Sejak dua hari timbul gejala sampai 14 hari kasus sakit. Dimana ada empat orang keluarga yang melakukan kontak erat, termasuk tenaga kesehatan 10 orang. Dimana 14 orang ini sudah kita minta melakukan isolasi diri,” ulasnya.

Isolasi yang dilakukan ke 14 orang tersebut, ungkap Ayus, dilakukan di rumah masing-masing dan Dinas Kesehatan bersama gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 ini sudah melakukan penanganan lokasi sesuai SOP di tempat yang bersangkutan.

“Kita sudah minta mereka melakuka isolasi diri di rumah, dan menjauhkan ke 14 orang ini dari orang-orang disekitarnya. Sementara untuk mengantisipasi penyebarannya, sudah dilakukan penyemprotan disinfektan,” terangnya.

Ayus mengatakan, telah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi untuk melakukan pemisahan laboratorium terhadap kontak erat ini, yang dikoordinasi Dinas Kesehatan (Dinkes), dalam hal ini BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan) Provinsi Sumsel.

“Nanti kita akan ambil spesimen dan diserahkan ke BBLK, nanti baru akan dikirim ke Litbangkes,” tuturnya.

Melihat kondisi ini, Ayus berharap masyarakat dapat mengikuti instruksi Pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 ini. Salah satunya dengan tetap berada dirumah dan cuci tangan pakai sabun serta kurangi kontak secara langsung.

“Sejak awal kita cara pencegahan sudah kita sampaikan, cuci tangan pakai sabun, termasuk kalau ada kontak erat dengan orang yang memiliki gejala, segera dieperiksa ke pusat kesehatan terdekat,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa menerangkan, dari hasil rapat via Video Confrence hari ini, dala. mengahadapi kondisi ini, titik tekan yang disampaikan Gubernur sudah sangat jelas, pertama menerapkan social distance atau jaga jarak, kedua memastikan ketersediaan sosial ekonomi untuk diperhatikan ke masyarakat

“Kita sudah rapat dengan satgas ketahanan pangan beberapa waktu lalu. Untuk ketahanan pangan Palembang masih aman terkendali,” ulasnya.

Dalam kesempatan ini, Dewa meminta masyarakat tetap tenang dan ikuti protokoler dan SOP terkait antisipasi pencegahan penularan Covid-19 sesuai yang diintruksikan pemerintah.

“Tadi kita sudah bicarakan dengan pihak terkait, kemungkinan perpanjangan bekerja dirumah bagi ASN dan belajar dirumah bagi pelajar sekolah bisa terjadi jika memang kondisi masih seperti ini,” tandasnya.(gS1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here