Gerak Jalan HUT RI, Ribuan Warga Prabumulih Padati Jalan Sudirman

PRABUMULIH, SUMSELNEWS.COM – Dari anak-anak hingga orang tua tumpah-ruah memadati ruas Jalan Protokol Jenderal Sudirman tepatnya mulai dari taman kota sampai Pendopoan Rumah Dinas Walikota Prabumulih, Senin (13/8/2018).

Pantauan Sumselnews di lapangan, ribuan warga itu memadati jalan untuk menyaksikan peserta gerak jalan tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA se-kota Prabumulih.

Warga yang datang menyaksikan lomba gerak jalan itu sejak pukul 08.00 hingSumselne Dengan membawa payung dan bahkan bekal makanan, ribuan warga rela berpanas guna menyaksikan anak maupun kerabat mereka mengikuti lomba gerak jalan dalam memeriahkan HUT RI ke 73 tersebut.

“Kami menonton dari pagi karena anak kami ikut lomba gerak jalan mewakili sekolah dasar tempat sekolahnya, makanya kami bersama orang tua murid yang lain ramai-ramai menonton,” aku Yani, salah satu ibu rumah tangga yang tinggal di Kelurahan Gunung Ibul ketika dibincangi.

Hal serupa diungkapkan Indri wargq lainnya. Menurutnya, dirinya rela tidak bekerja untuk mengajak anak serta kerabat nonton gerak jalan yang diselenggarakan Pemkot Prabumulih itu.

“Momen gerak jalan anak sekolah ini setahun sekali, yakni ketika 17 Agustus. Jadi harus menyaksikan karena belum tentu berikut-berikutnya bisa melihat,” terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Prabumulih, Amrullah SPd, MSi melalui Kepala Bidang (Kabid) PAUD dan Pendidikn Non Formal, Darmin SPd, MSi mengatakan pelaksanaan gerak jalan dilaksanakan selama dua hari.

“Hari pertama Senin dilakukan khusus untuk pelajar, sementara Selasa 14 (hari ini-red) gerak jalan khusus untuk peserta umum,” imbuhnya.

Adapun peserta yang mengikuti lomba gerak jalan pelajar, kata dia terdiri dari peserta tingkat SD/MI berjumlah 165 tim, tingkat SMP/MTS berjumlah 48 tim dan peserta gerak jalan SMA/SMK/MA berjumlah 43 tim dengan total 256 tim.

“Sementara untuk peserta gerak-jalan dari umum yang akan dimulai Selasa (14/8) terdiri dari Dinas, Instansi, BUMN, BUMD dan masyarakat umum baru terdaftar yakni 83 tim putra, dan 155 tim putri dengan jumlah total 238 tim. Jumlah nantinya bisa saja bertambah,” bebernya.

Disinggung mengenai juri dalam lomba gerak jalan itu sendiri, Darmin menjelaskan juri terdiri dari unsur Polres, Koramil, TNI, PPI Kota Prabumulih dan Disdikbud Kota Prabumulih.

“Penilaian dipastikan netral, apalagi kegiatan ini mendapat perhatian seluruh warga Prabumulih dan merupakan kegiatan rutin tahunan,” tukasnya. (Bakron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *