Jemaah Sumsel Meninggal Dunia di Masjid Nabawi

SUMSELNEWS-Kabar duka datang dari Tanah Suci, Jamaah kloter 5 Embarkasi Palembang, Budi Riyati Binti Asmo asal Kabupaten OKU Timur meninggal dunia di Masjid Nabawi, Rabu (1/8) pagi WAS. Almarhum rencananya akan dishalatkan hari ini juga dan dimakamkan di Pemakaman Baqi, Madinah.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi mengaku turut berduka atas kepergian almarhumah. Fajri yakin, meskipun belum sampai keseluruhan melaksanakan rangkaian ibadah haji, niat almarhumah untuk melaksanakan rukun Islam kelima diterima Allah SWT.

“Insya Allah khusnul khatimah. Apalagi almarhumah sudah berada di Tanah Suci dan menyelesaikan Arbain (shalat 40 waktu) di Madinah. Semula Kloter 5 di mana almarhumah bergabung, jam 14.00 WAS atau jam 18.00 WIB hari ini akan berangkat menuju Mekkah setelah delapan hari di Madinah. Namun takdir berkata lain, almarhumah dipanggil menghadap yang Kuasa di dekat pintu nomor 13 Masjid Nabawi,”katanya, Rabu (1/8).

Fajri menambahkan, Budi Riyati merupakan jamaah pertama asal Embarkasi Palembang yang meninggal di Arab Saudi pada musim haji tahun ini. Dia berharap ini juga yang terakhir. “Kita tentu berharap semoga jamaah-jamaah haji Indonesia dan Sumsel khususnya, bisa kembali ke Tanah Air dengan selamat, sehat, dan membawa predikat haji mabrur. Walaupun memang kita akui di setiap musim haji, jamaah Embarkasi Palembang yang meninggal di Arab Saudi bisa sampai 20 orang,”ungkapnya.

Sementara itu, PPIH Embarkasi Palembang, sendiri hari ini mulai pukul 14.00 WIB menerima kedatangan jamaah Kloter 12 asal Palembang dan Muaraenim. Jamaah yang datang berjumlah 450 orang termasuk lima petugas kloter. Kloter 12 akan diberangkatkan menuju Jeddah, Kamis (2/8) besok, pukul 21.00 WIB.

“Hingga hari ini, Embarkasi Palembang telah memberangkatkan 4.927 jamaah dengan rincian Sumsel 3.805 orang, Babel 1.067 orang, dan petugas kloter sebanyak 55 orang. Saat ini, jamaah kloter 1,2,3,4,10, dan 11 sudah berada di Makkah, jamaah kloter 5 siang ini bergerak dari Madinah menuju Makkah. Sedangkan jamaah kloter 6 sampai 9 masih berada di Madinah,”ujar Humas PPIH Embarkasi Palembang H. Saefudin. (ajib)

Oplus_131072

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *