Piantai Kecewa Pemprov Keluarkan Izin Pengolahan Kayu Dihutan Takulik

SumselNews.com
Boltim – Sangadi Tutuyan Dua, Kecamatan Tutuyan, Kabupaten Boltim, Piantai Potabuga mengaku kecewa dengan izin pengolahan kayu yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov). Pasalnya, ratusan kubik kayu bermacam jenis telah diolah selama sebulan lebih dan dibawah keluar daerah, Selasa 28 Agustus 2018.

Hutan Takulik yang seluas 300 Hektare lebih itu sudah dijadikan hutan adat, dan didalamnya juga terdapat hulu sungai. Jika terus dilakukan penebangan, pasti menyebabkan terjadinya banjir dan tentunya sangat merugikan masyarakat.

“Izin yang dikeluarkan oleh Provinsi sangat merugikan khususnya masyarakat Tutuyan, dan berdampak buruk bagi para petani. Menurut pihak pengelola mereka telah memiliki izin, namun sampai saat ini kami selaku aparat desa tidak pernah melihat surat izin tersebut,” kata sangadi kepada Wartawan

Selain itu lanjut Dia, kayu itu sudah disediakan untuk kepentingan masyarakat lokal, namun telah dibawah keluar daerah.

“Kayu tersebut sudah direncanakan untuk membangun rumah warga terkait program pemerintah berskala lokal termasuk (RTLH), dan gratis untuk masyarakat Tutuyan bersatu. Namun karena adanya ijin dari Pemprov maka kami dirugikan,” kesalnya.

Dia pun berharap ada tindak keseriusan dari pihak Pemprov.

“Harus diseriusi. Jika tidak kami akan bertindak dengan tegas. Karena hutan ini milik Boltim. Kenapa harus orang luar yang menikmati,” tukasnya.

Sangadi (Kepala Desa) menghimbau kepada pengelolah agar segera menghentikan praktek pembalakan.

“Jangan nanti masyarakat yang turun tangan dan pastinya akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sebab ini sudah sangat meresahkan,” tutup Potabuga.

( A’R )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar

  1. Wow, superb blog format! How lengthy have you been running a blog
    for? you made running a blog glance easy. The total look of your website is fantastic, let alone the
    content material! You can see similar here dobry sklep