Pj Walikota Palembang Mengajak Untuk Merenungi Makna Kemerdekaan RI

PALEMBANG – Penjabat (Pj) Walikota Palembang Akhmad Najib mengajak seluruh elemen masyarakat untuk merenungi makna kemerdekaan Republik Indonesia. Dirinya mengingatkan untuk senantiasa menjaga kerukunan dan persatuan.

Demikian diutarakan Pj Walikota Palembang Akhmad Najib saat upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, Jumat (17/8), di Lapangan Kamboja Palembang. Upacara diikuti FKPD, OPD, legiun veteran, pelajar dan mahasiswa, serta organisasi kemasyarakatan.

“Sudahkah kita berperan dalam pembangunan. Mari bersama kita menjaga kerukunan dan persatuan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang besar,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, para pejuang kemerdekaan telah memberikan teladan tentang semangat nasionalisme. Semangat terus harus dijaga untuk dijadikan motivasi dalam pembangunan khususnya di Kota Palembang.

Pada kesempatan tersebut Najib mengimbau,  hendaknya di 73 tahun kemerdekaan Republik Indonesia tidak ada lagi pengkotak-kotakan suku agama dan ras dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia. Menurutnya, Indonesia kuat dan menjadi bangsa yang merdeka di atas semangat persatuan dan kesatuan seluruh rakyatnya.

“Mari bersama-sama kita berkarya dalam pembangunan. Memberikan kritik dan saran dalam pembangunan itu adalah hak, namun gunakanlah cara yang santun dan beretika,” ujarnya.

Sebelumnya pada 16 Agustus 2018, Pj Walikota Palembang Akhmad Najib menghadiri rapat paripurna DPRD kota Palembang, mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo. Pada kegiatan tersebut, Akhmad Najib mengajak seluruh masyarakat Kota Palembang untuk mengisi hari kemerdekaan dengan semangat persatuan dan kesatuan. Menurutnya, momentum perayaan kemerdekaan tahun 2018 ini adalah istimewa, karena bertepatan dengan pelaksanaan Asian Games di Jakarta dan Palembang.

Oleh karena itu, untuk memeriahkan momen istimewa Kemerdekaan RI dan Asian Games ini, Pemerintah Kota Palembang menggelar beragam lomba dan Musi Thematic Festival. Selain itu digelar kegiatan Wonderful Palembang Event 2018 ini yang menyajikan berbagai kegiatan antara lain Sriwijaya Dispora Festival di Plaza BKB, Palembang Expo di PSCC, Musi Thematic Kemaro Island di Pulau Kemaro, Festival Al Munawwar Village di Kampung Arab Al Munawwar, Musi Thematic Festival Culinary 10 Ulu di Kelenteng 10 Ulu.

Selain itu ada pula Musi Thematic Festival Kapitan Village di Kampung Kapitan, Ampera Souvenir Creative Festival di Bawah Jembatan Ampera Seberang Ilir, Asian Fotografi Festival di Museum SMB II, Musee Indie Fest di KBRT, Bidar Tradisional di Perairan Sungai Musi, Bidar Prestasi di Perairan Sungai Musi, Perahu Motor Hias di Perairan Sungai Musi dan Permainan Tradisional di Kawasan BKB.

Semua rangkaian kegiatan tersebut diharapkan mampu menyemarakkan atmosfir perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia. Juga diharapkan mampu menghibur setta menarik minat atlet dan official Asian Games 2018 yang berlaga di Palembang.

Oplus_131072

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *