Pos Yandu Tempat Mengontrol Kesehatan

SUMSELNEWS-Ketua Pos Yandu Aster, mengatakan, kebanyakan masyarakat menyampingkan kesehatan. Dan ketika sedang mengalami sakit, barulah akan berobat ke Rumah Sakit. Sedangkan untuk mengecek kesehatan itu untuk setiap kampung ada Pos yandu.

“Mungkin hal itu sudah menjadi kesadaran masyarakat, khususnya warga Kota Palembang. Kalau belum sakit belum mau mengontrol kesehatannya. Bagitu sakit, barulah buru-buru ke rumah sakit. Padahal untuk mengecek kesehatan, balita, ibu hamil, lansia, itu bisa memalui Pos Yandu. Gunakanlah dan manfaatkanlah Pos Yandu sebagai tempat untuk mengontrol kesehatan,”kata Ketua Pos Yandu Balita dan Lansia Aster, Engliani Lie, Rabu (15/8).

Dia menuturkan, untuk Pos Yandu Aster, Balita dan Lansia ini, di laksanakan setiap bulan. Pos Yandu Aster juga membuang program senam untuk para lansia.

“Untuk lansia yang sudah melakukan pengecekan kesehatannya sebanyak 26 warga. Kebanyakan lansia di Kelurahan 24 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil ini, mengalami, nyeri lutut, sakit kaki da nada darah tinggi. untuk balita sudah melaksanakan pengentrolannya sebanyak 27 balita,”ungkapnya.

Sedangkan menurut Ketua PKK Kecamatan Bukit Kecil, Clara Natasya, SE, mengatakan, kegunaan Pos Yandu itu banyak sekali. Dapat mengurangi kematian Ibu dan anak. Mengotrol dan mengetahui seseorang sedang menderita satu penyakit.

“Banyak kegunaan Pos Yandu ini. Mulai sekarang warga harus merubah pola dari tidak ingin tahu satu penyakit ke ingin tahu penyakit. Kebanyakan orang tidak ingin dirinya sedang menderita penyakit. Padahal tahu dengan penyakit yang sedang bersarang di dalam diri kita itu sangat penting sekali. Karena kita dapat mengontrolnya dan tahu apa yang akan kita lakukan dengan penyakit tersebut,”ujarnya. (ajib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *