Harnojoyo Segera Restorasi Sungai Jadi Sarana Transportasi

GoSumsel – Walikota Palembang, H. Harnojoyo berkeinginan mengembalikan fungsi sungai sebagai sarana transprotasi air seperti pada masa kejayaan Kerajaan Sriwijaya melalui gerakan gotong royong dan restorasi area sungai.

Diungkaokannya bahwa, salah satu visi dan misi Program Palembang EMAS Darussalam 2018-2023 adalah mewujudkan julukan Kota Palembang sebagai kota air atau Venesia dari Timur.

“Secepatnya kita wujudkan Venesia dari timur. Kita harapkan dukungan dari segenap masyarakat untuk mewujudkannya. Sungai Sekanak akan menjadi pilot projects. Pada 2021 akan terealisasi menjadi sarana transportasi dan rekreasi, bahkan bisa menjadi tempat berenang anak-anak,”terangnya, dalam katanya kegiatan gotong royong di seputaran Sungai Seluang di kawasan Kecamatan Kertapati, Minggu (23/9).

Pemkot berkomitmen untuk merestorasi sungai yang menjadi sarana transportasi air yang akan dimulai dari Sungai Sekanak dan kemudian baru sungai lainnya.

“Saya sudah berkoordinasi dengan balai. Target kita dua tahun kedepan akan direstorasi menjadi transportasi sungai seperti dulu. Buah gotong royong ini mengembalikan fungsi sungai,”ujar mantan Ketua DPRD ini.

Oleh sebab itu, suami Hj Selviana ini berharap, akan adanya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, khususnya di aliran sungai. Seperti dulu dimasa kejayaan Kerajaan Sriwijaya karena sungai, Kerajaan Sriwijaya terkenal sampai Afrika Selatan maka dari itu sungai jangan dijadikan tempat pembuangan sampah.

“Kepada warga Palembang, buanglah sampah pada tempatnya, manfaatkan waktu mengantar anak sekolah untuk membuang sampah. Jangan sampai dibuang di tengah jalan, apalagi di sungai,”himbaunya.

Selain itu, secara pribadi dirinya berterima kasih atas komitmen Penjabat Sementara (Pjs) dan Pj Walikota Palembang, Akhmad Najib yang selama kurang lebih enam bulan tetap menjalankan program-program Palembang EMAS 2018.

“Kami berterima kasih kepada Pjs dan Pj Walikota Palembang yang tetap menjalankan gotong royong dan safari subuh. Semoga program Palembang EMAS Darussalam 2018-2023 sukses seperti program Palembang EMAS 2013-2018,”tungkasnya.(gS1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *