Peringati HUT TNI, Korem 044/Gapo Juarai Lomba Bidar

GoSumsel – Sejak pukul 7 pagi, Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), dipadati ribuan masyarakat Palembang, untuk menyaksikan adu cepat perahu khas Palembang di perairan Sungai Musi, Sabtu (29/9).

Perlombaan perahu Bidar tersebut adalah rangkaian kegiatan pertandingan dan perlombaan yang di selenggarakan oleh Kodam II/Sriwijaya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 TNI tahun 2018 yang telah diselenggarakan mulai dari kegiatan pemecahan rekor dunia MURI Tari Gemu Famire pada tanggal 4 September lalu dan berbagai kegiatan lainnya, dan hari ini (Sabtu) digelar perlombaan perahu Bidar tradisional Palembang.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.IP., M.Hum menerangkan bahwa, perlombaan perahu Bidar ini diikuti oleh 32 tim yang terdiri perwakilan dari berbagai satuan TNI, Pemda, Dinas Pariwisata, BUMN dan Swasta yang berada di wilayah Sumbagsel.

“Kegiatan ini untuk melestarikan tradisi dan budaya masyarakat Sumatera Selatan, sekaligus memberikan hiburan masyarakat khususnya Kota Palembang,”jelasnya

Perlombaan perahu bidar tradisional ini lanjutnya, merupakan satu-satunya di Indonesia, yang sampai saat ini masih tetap dilestarikan dan eksis serta rutin diperlombakan.

“Ayo, kita jaga dan lestarikan kebudayaan asli masyarakat Sumatera Selatan sehingga tidak akan punah tergerus oleh budaya asing,”himbaunya.

Adapun juara pertama perlomba ini diraih oleh Tim dari Korem 044/Gapo disusul Tim dari Korem 042/Gapu Jambi sebagai juara kedua dan juara ketiga diraih oleh Tim dari PTBA Muara Enim. Masing-masing pemenang mendapatkan Tropy dan hadiah berupa uang pembinaan yang langsung diserahkan oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.IP, M.Hum.

Kegiatan ini juga dihadiri, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, Psc., M.Tr. (Han)., Irdam II/Swj, para Perwira Ahli Pangdam, para Asisten dan Kabalakdam II/Swj, Perwira LO TNI AL dan LO TNI AU, Danlanal dan Danlanud Palembang serta para tamu undangan lainnya. (gS3)

Oplus_131072

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *