Pemkot Palembang Siapkan Aplikasi Pembangunan Berbasis Teknologi

Kerjasama Antra Pemkot Palembang dan FCL Singapura

GoSumsel – Pemerintah Kota Palembang, melakukan penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama UR-Scape dengan Future Cities Laboratory (FCL) Singapura di rumah dinas Walikota, Selasa (9/10).

Walikota Palembang, H. Harnojoyo menerangakan bahwa, penandatangan ini merupakan suatu langkah menerapkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan.

“Alhamdulialh setelah Bandung, kini giliran Palembang yang melaksanakan UR-Scape,”ujar Harnojoyo.

UR-Scape ini lanjut Harnojoyo, merupakan aplikasi perencanaan pembangunan berbasis teknologi, dan dari 514 ibuk Kota Kabupaten, 4 Kota yang menjadi tujuan FCL salah satunya Palembang.

“Mudahan dengan aplikasi ini, dapat menentukan skala prioritas pembangunan. Sehingga program Palembang Emas Darussalam dapat segera terwujud, Dan program ini merupakan Hibah,”jelas suami Hj Selviana ini.

Mantan Ketua DPRD Kota Palembang ini juga menerangkan, UR-Space merupakan wujud pembangunan Smart City.

“Jadi semua masalah terkoneksi, baik masalah banjir, pendidikan, kemiskinan, sehingga kebijakan tepat sasaran,”ungkapnya.

Sementara, Direktur Program Future Cities Laboratory (FCL) Singapura dan Peneliti Utama Tim Urban Rural Systems, Prof Stephen Cairns mengungkapkan bahwa,Progrqm UR-Scape ini merupakan kerjasama percontohan, yang mana sebelumnya telah dilakukan di Bandung.

“Nantinya Palembang akan menjadi contoh, bagi Kabupaten – Kota yang ada di Sumatera Selatan. Dan kerjasama sama ini berlangsung selama 6 bulan,”jelas Stephen.

Harapannya dengan aplikasi ini terang Stephen, Pemerintah Kota Palembang dapat melakukan efisiensi anggaran dan meneliti suatu permasalahan.

“Prinsipnya kita hanya menyiapakan bibit UR-Scape, kedepannya Palembang dapat menyebarkan ke kota – kota lain,”tungkasnya.(gS1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *