Beras Belitang Masuk Pasar Nasional, HD ; Kita Harus Bangga Dengan Produk Lokal

GoSumsel – Masuknya beras asli asal Sumsel asal Belitang yang dikenal Beras Raja, tahun depan dipasarkan oleh salah satu minimarket terbesar di Indonesia. Hal ini disampaikan, Owner Beras Raja, Johan Winarta di Griya Agung, Rabu (28/11).

“Kontrak sudah kita tanda tangan, tahun depan sudah masuk minimarket dan akan dijual se Indonesia,”ujar Johan Winarta.

Saat ini dikatakan Johan, pihaknya sudah memiliki 2 pabrik yaitu di Palembang dan Belitang. Dari kedua pabrik ini setiap tahun sedikitnya 100 ton beras mereka produksi untuk memasok ke sejumlah pasar di tanah air. Sebut saja misalnya ke Batam, Jawa Timur, Solo, Yogyakarta hingga Kalimantan.

“Beras Raja kita sangat beda dari beras lain karena Sumsel punya irigasi terbesar di OKU, ini yang bikin nasi kita lebih enak. Selain itu karena  struktur tanahnya juga bagus makanya beras ini enak daripada beras lain. Mudah-mudahan tahun 2019 pengiriman perdana kita lakukan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, melihat permintaan pasar yang terus meningkat mereka juga mematok kenaikan produksi dari 100 ton menjadi 150 ton pertahun. Bahkan dalam waktu dekat mereka juga akan melebarkan sayap dengan membangun pabrik ke Indonesia bagian Timur.

Sementara, Gubernur Sumsel Herman Deru mengaku sangat bangga dengan apa yang dilakukan. PT. Belitang Panen Raya (BPR) selaku produsen Beras Raja. Meskipun awalnya pendirian pabrik banyak tantangannya, namun kini berhasil bersaing di tingkat nasional dengan beras produksi dari daerah lainnya.

“Sedikit demi sedikit image terbangun karena kualitas beras Belitang memang bagus. Ini komitmen saya terhadap pertanian, makanya saya teliti mulai dari nama. Makanya beras itu harus pakai nama Belitang. Ini Harus jadi contoh daerah lain, apapun produk unggulannya labelnya harus pakai nama sendiri,” jelas HD.

Dikatakan HD, tantangan PT.BPR mempopulerkan beras ini sangat tidak mudah karena dulu image beras belitang sangat negatif. Selain berkutu, dulu beras Belitang terkenal banyak bercampur batu.

“Dulu jemurnya di pinggir jalan, sekarang tidak lagi. Alhamdulillah image nya sekarang berubah dan Beras Belitang bisa terkenal. Makanya kita harus bangga dengan keunggulan daerah masing-masing,” tegas HD.

Menurut HD sejak awal ia memang komitmen membawa nama daerah untuk setiap produk yang diunggulkan. Sehingga jika produk tersebut dikenal maka akan membawa nama baik daerah itu sendiri.

“Sama seperti gula. Dulu saat saya menjadi bupati saya mau teken MoU nya kalau mereka mau pakai nama Gula Komering. Sama seperti Beras Belitang ini. Mungkin sepele tapi ini penting seperti Tegal, itu terkenal karena wartegnya,”tandasnya.(gS2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *