Muba Siap Jawab Tantangan Revolusi Industri 4.0

GoSumsel – Menghadapi era tantangan saat ini, sebuah negara atau daerah untuk menjadi maju bergeser tidak lagi diukur dari jumlah Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki namun dari seberapa banyak jumlah pengelolaan yang dilakukan dengan upaya yang sustanaible atau berkelanjutan, ini juga merupakan tantangan revolusi industri 4.0

Misalnya saja yang dilakukan di Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten yang kaya akan sumber daya mineral berupa minyak ini saat ini mulai melakukan upaya-upaya pengelolaan minyak yang sustanaible, bahkan beberapa waktu Pemkab Muba melakukan pembangunan storage (tempat penyimpanan/stasiun pengumpulan) minyak mentah yang merupakan inisiatif Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin untuk dikelola BUMD Muba yakni PT Petro Muba.

“Pembangunan storage ini juga merupakan upaya pak Bupati Dodi Reza untuk menjawab tantangan revolusi industri 4.0 dan saat ini sudah terealisasi dan menjadi sejarah di Indonesia, untuk pertama kalinya BUMD Muba yakni PT Petro Muba bekerjasama dengan perusahaan di bidang minyak dan gas,” ujar Sekda Muba Drs Apriyadi MSi di sela menghadiri Pembukaan Seminar dan Dialog Nasional Pengelolaan Sumber Daya Alam di Era Revolusi Industri 4.0 diselenggarakan oleh HIMPUNI (Perhimpunan Organisasi Alumni PTN Indonesia) di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Selasa (12/2).

Apriyadi mengaku selama ini Bupati Muba Dodi Reza sangat prihatin jika selama ini pengelolaan minyak mentah sumur tua dilaksanakan dengan tingkat keamanan yang sangat minim. Kondisi tersebut tentunya mempunyai resiko yang sangat tinggi dan sangat rentan terhadap keselamatan pekerja itu sendiri. “Dengan realisasi pembangunan storage ini bisa meminimalisir angka kecelakaan kerja dengan berpedoman pada HSSE,” ujar Ketua Ikatan Alumni Stisipol Candradimuka tersebut.

Ia menambahkan, pembangunan storage minyak mentah ini juga dinilai mampu menyerap tenaga kerja lokal dan meningkatkan pendapatan asli daerah di Kabupaten Muba. “Semoga realisasi pembangunan storage minyak mentah ini memberikan kontribusi positif untuk masyarakat khususnya di Muba,” harapnya.

Sementara, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengajak semua pemangku kepentingan di daerah-daerah untuk menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. “Wujudkan pengelolaan sumber daya alam dan mineral yang berkelanjutan dan memberikan kontribusi positif untuk masyarakat luas dan khususnya masyarakat sekitar,” pungkasnya.(gS/ba)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *