Dinkes Kota Palembang himbau agar gunakan masker saat aktifitas

GoSumsel – Dinas Kesehatan Kota Palembang mengimbau agar menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan, Hal tersebut agar terhindar dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dikarenakan Debu dan fenomena kabut asap yang melanda Kota Palembang di musim kemarau ini.

“Hal ini dilakukan karena untuk menjaga kesehatan warga karena beberapa hari ini kabut asap kembali melanda Kota Palembang. Meski saat ini kondisi cuaca kurang baik tapi masih diambang sedang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Letizia, Jum’at (6/9).

Ia mengatakan Sejak beberapa hari ini kabut asap mulai nampak terutama pada pagi hari, Diharapkan masyarakat menggunakan masker saat aktivitas di luar ruangan.

“Untuk saat ini ISPA masih banyak yang ditangani oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Polusi udara ketika panas terik menjadi salah satu penyebab utama┬áISPA,” ujarnya.

Pihaknnya pun menghimbau agar masyarakat selalu menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih, termasuk mereka yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan.

Ia menambahkan dari Dinkes sendiri, sejauh ini pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi, termasuk bagaimana gejala awal ISPA yang timbul biasanya berupa batuk pilek, yang kemudian diikuti dengan napas cepat dan napas sesak. Pada tingkat yang lebih berat terjadi kesukaran bernapas dan tidak dapat minum.

Menurut Letizia pihaknya juga telah mengeluarkan surat edaran terkait kewaspadaan dampak buruk kabut asap ini. Salah satu dampaknya yakni peningkatan kasus ISPA yang biasanya meningkat disaat musim kemarau.

“Dalam surat edaran tersebut juga mengintruksikan dinas terkait jika terjadi peningkatan kabut asap maka sekolah bisa diliburkan guna mencengah peningkatan ISPA,” singkatnya.(gS/dy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *