Kominfo Siapkan Aplikasi Sidemang dalam Berikan Pelayanan Cepat dan Transparan

GoSumsel – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) sosialisasikan aplikasi Sidemang (Sistem Informasi Adminitrasi Online Masyarakat Kota Palembang), dalam menghadapi era 4.0.

Sosialisasi di ruang Parameswara Pemkot Palembang dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkot Palembang. Jumat, (27/9)

Kepala Dinas Kominfo Kota Palembang H. Yanuarpan Yani menjelaskan Aplikasi Sidemang ini merupakan pengembangan dari aplikasi Hallo Palembang yang mulai dikerjakan sejak tahun 2017.

“Ini merupakan aplikasi pelayanan untuk memudahkan masyarakat dalam kepengurusan berkas tanpa harus datang ke kantor pemerintahan, masyarakat bisa juga mencetak sendiri berkas tersebut, layanan ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone,” katanya usai sosialisasikan aplikasi Sidemang kepada Sumatera Deadline didampingi Sekretarisnya Hepran Mendayun

Ia menguraikan, untuk menggunakan aplikasi Sidemang ini tentu masyarakat harus mengdownload terlebih dahulu diplay store dengan nama “Hallo Palembang”, usai download barulah log in menggunakan email yang dimiliki.

“Nantinya, alur dari aplikasi ini, akan diterima langsung oleh operator kelurahan yang sudah disiapkan, dan diteruskan ke operator Kecamatan, terus ke Kasi Kecamatan, Ke Sekretaris Kecamatan dan ke Camat, setelah itu bisa langsung diprint,” jelasnya

Ia menambahkan, hasil dari aplikasi ini sudah di sahkan secara nasional yang diharapkan mampu menekan praktek tindak korupsi, kolusi dan nepotisme dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Dalam pelayanannya tentu ini lebih cepat, mudah dan transparan. Jika pelayanannya lamban, maka bisa dilihat dimana lambannya, dan akan kita tegur,” ujarnya

Adapun untuk kesiapan lanjutnya, aplikasi ini telah diuji coba di 34 Kelurahan di 5 Kecamatan antara lain Kecamatan Ilir Timur I, Kecamatan Ilir Timur II, Kecamatan Ilir Barat I, Kecamatan Kalidoni dan Kecamatan Bukit Kecil.

“Sidemang memiliki 28 menu, ditambah Sidemang menjadi 29 menu, jadi akan terus berkembang dan Insya Allah pada tahun 2020 kita targetkan sudah selesai semua seluruh Kecamatan untuk menggunakan aplikasi ini,”tandasnya.(gS1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *