Tahun Depan Gagal Atasi Karhutla Gubernur Diminta Mundur, Ini Jawaban Herman Deru

GoSumsel – Dalam aksinya di halaman kantor Gubernur Sumsel, Gerakkan Aliansi Sumsel Melawan Asap, menyampaikan 6 poin tuntuan. Setelah hampir tiga jam menggelar aksi, masa akhirnya berhasil menemui Gubernur Sumsel, dan langsung meminta mantan Bupati OKU Timur ini, menandatangi komitmen terkait Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Sumsel.

Enam poin tuntutan mahasiswa tersebut diantaranya, membentuk satgas untuk penanggulangan karhutla, membentuk posko kesehatan bagi penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), penindakan korporasi yang membakar hutan dan lahan serta lain sebagainya.

Dilain itu, mahasiswa pun meminta komitmen Gubernur untuk menjamin agar di tahun 2020 mendatang tidak terjadi lagi Karhutla. Jika tetap terjadi, maka Gubernur Sumsel harus mundur dari jabatannya.

Terkair hal tersebut, Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan dirinya setuju dengan enam poin tuntutan dari mahasiswa seperti pembentukan satgas, dan penindakan terhadap korporasi dan lain sebagainya. Bahkan, saat ini pihaknya telah membentuk satgas karhutla.

Untuk penindakan korporasi lanjutnya, tentunya harus sesuai dengan aturan yang ada. Namun, jika hasil penyidikan dan penyelidikan telah dinyatakan P21 maka tentunya harus dinyatakan bersalah.

“Jika benar salah, hari itu juga saya akan tutup dan cabut izinnya. Kami akan menegakkan hukum tapi tidak bisa juga melanggar hukum. Jadi harus sesuai dengan aturan,”terangnya menanggapi tuntutan Mahasiswa, Selasa (17/9).

Untuk komitmen meminta jaminan di tahun 2020 mendatang tanpa karhutla, Ia mengaku tidak berani. Karena ini merupakan kehendak Allah. Karena itu, dirinya pun menolak untuk menandatangani kesepakatan tersebut.

“Jika disuruh menjamin 2020 tidak ada karhutla, saya tidak berani mejaminnya karena itu kehendak Allah,” ujarnya.

Aksi tersebut sempat tertunda hingga akhirnya ditemukan kesepakatan. Dalam kesepakatan itu, Gubernur menjamin akan menjalankan enam poin tuntutan. Jika tidak maka  dirinya siap untuk mundur dari jabatannya.

“Saya siap turun jika enam poin ini tidak saya jalankan,”tandasnya.(gS1)

Oplus_131072

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *