Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkot akan Lengkapi Faskes Puskesmas

GoSumsel – Pemerintah Kota Palembang, melalui Dinas Kesehatan, terus berupaya meningkatkan kualitas fasilitas kesehatan tingkat pertama atau puskesmas yang ada di 18 kecamatan.

Dalam meningkatkan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama yang berada di tengah permukiman penduduk. Hal tersebut diutarakan kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, kepada awak media melalui sambungan seluler, Minggu (1/9).

“Kita terus melakukan pembenahan sistem manajemen mutu dan penambahan fasilitas pendukung,”jelasnya.

Dikatakannya, sistem manajemen mutu organisasi internasional untuk standardisasi atau ISO akan diterapkan secara maksimal di seluruh faskes tingkat pertama di kota itu.

Dengan kualitas yang baik dan memenuhi standar internasional, dia berharap tenaga medis di puskesmas dapat menangani masalah gangguan kesehatan masyarakat yang tergolong ringan secara maksimal.

“Secara umum pelayanan kesehatan di Bumi Sriwijaya ini sudah cukup baik, masyarakat yang membutuhkan penanganan medis hingga tingkat sedang cukup di puskesmas saja,” ujarnya.

Manurut dia, dengan kondisi seperti itu masyarakat tidak perlu ke Rumah Sakit Umum Daerah Bari atau dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Mohammad Hoesin Palembang jika mengalami gangguan kesehatan ringan hingga sedang karena sudah ada beberapa puskesmas yang melayani rawat inap.

Dengan peningkatan kualitas puskesmas yang dilakukan secara bertahap dalam beberapa tahun terakhir, katanya, faskes tingkat pertama itu mulai dilirik berbagai lapisan masyarakat.

Menurut dia, masyarakat yang berobat atau memeriksakan kesehatannya berasal dari berbagai kalangan, terbukti pada setiap jam operasional puskesmas tampak di halaman parkirnya dipadati kendaraan bermotor roda dua dan empat.(gS1)

Oplus_131072

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *