Terinspirasi dari Teman, Si Toman Resmi Jadi Maskot KPU PALI

GoSumsel – “Banyak ditemukan Ikan Toman di PALI. Membuat inspirasi saya, ingin menjadikan maskot, lalu munculah ide Si Toman dengan dipadu motif lainnya,”terang, M. Anasrul Dwi Noviansyah, kepad awak media, usai ditetapkan sebagai maskot Komisi Pemilihan Umun (KPU) Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2020 mendatang, Jumat (6/12).

Si Toman jelasnya, merupakam singkatan dari Siap Tegakkan Demokrasi Aman dan Nyaman. Dan Si Toman tercipta berkat terinspirasi dari teman yang suka memancing si Raja ikan tersebut.

“Di bumi Serapat Serasan sendiri banyak masyarakat menjadi pecinta ikan yang bisa tumbuh besar dan berat tersebut,”jelasnya.

Dengan dikengkapi atribut lainya dijelaskanya, seperti Sisik ikan berjumlah 23 dan sirip bawah ikan yang berjumlah 9 sirip yang menandakan Pilkada akan diselenggarakan tanggal 23 September 2020 mendatang.

Selain itu, juga dilengkapi dan dibuat menarik dengan adanya Kotak suara dan surat suara yang berupa ajakan agar ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Paling penting dari Si Toman ada Tanjak dan Kain selempang dengan batik motif khas Kabupaten PALI berbentuk relief Candi,” ujarnya.

Suami dari Dwi Indarwati ini menjelaskan, hal ini terinspirasi dari Batik khas PALI sekaligus mempromosikan Candi Bumi Ayu untuk Tanjak dan kainnya agar tak hanya dikenal di Sumatera Selatan, namun juga secara nasional.

Desain Si Toman sendiri, lanjut pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) PALI ini memakan waktu lebih kurang selama dua pekan.

“Si Toman diselesaikan selama dua minggu, karena melalui diskusi dengan teman yang paham desain grafis,” ujarnya.

“Juara 1 dalam sayembara Maskot KPU PALI ini merupakan rezeki anak, karena anak pertama saya bernama Delisha Nasywa Ramadhani yang baru lahir,”tungkasnya.(gS/pL)

Oplus_131072

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *