Dinilai Sebagai Garda Didepan, Petugas Pos Jaga Diberi Extra Fooding

GoSumsel – Untuk menjaga imunitas, dan kecukupan nutrisi petugas posko penjagaan covid19 di perbatasan kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) diberikan makanan tambahan (Extra Fooding).

Hal tersebut, demi menjaga stamina mereka, sebagai petugas di garda depan. Ini diungkapkan Ketua Gugus Tugas Covid19 Kabupaten PALI Junaidi Anuar didampingi Wakapolres Kompol Rizvy disela peninjauan posko tersebut.

“Beban kerja kawan-kawan di lapangan sangat berat. Karena kita melakukan penjagaan selama 24 jam. Kadangkala petugas harus bekerja dibawah terik matahari atau dibawah guyuran hujan,”ujar Junaidi yang juga Kepala BPBD PALI, Minggu (12/4).

Karena itulah, menurut Junaidi, Bupati PALI memerintahkan agar seluruh petugas mendapatkan asupan gizi cukup seperti susu encer, vitamin dan nutrisi lainnya.

“Resiko kerja para petugas sangat tinggi, karena setiap pendatang yang melintas dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan didata asal dan alamatnya. Sementara pendatang tersebut belum diketahui apakah tertular atau belum. Karena itulah, imunitas anggota harus terjaga” tambah Junaidi.

Berdasarkan pantauan, setiap kendaraan baik roda dua maupun roda empat di periksa. Seluruh penumpang didata dan diukur suhu tubuh. Khusus pendatang dari zona merah dicatat alamat dan nomor telepon.

“Para pendatang dari zona merah nantinya akan di follow up oleh petugas kesehatan di desa dan kelurahan. Selama 14 hari terus kami pantau untuk memastikan yang bersangkutan sehat” ujarnya.

“Untuk itu kami juga mohon pengertian warga agar bekerja sama dengan petugas. Karen apa yang kami lakulan semata-mata menjaga kesehatan warga PALI” ungkapnya.

Junaidi juga mengucapkan terima kasih kepada beberapa elemen masyarakat yang sudah menunjukkan kepeduliannya dengan memberikan bantuan makanan kepada para petugas yang berjaga.

“Kami mendapat laporan bahwa banyak elemen masyarakat yang memberikan perhatian dengan mengantar makanan kepada petugas yang berjaga. Saya atas nama seluruh petugas mengucapkan terima kasih. Artinya masyarakat memberikan apresiasi kepada anggota” tukasnya.

Sementara, Wakapolres PALI Kompol Rizvy mengungkapkan bahwa saat ini di kabupaten PALI terdapat enam posko penjagaan dengan melibatkan 25 personel di masing masing posko.

“Masing-masing posko terdiri dari 25 personil dari Pemkab seperti BPBD,PolPP, Dishub, Damkar, OPD dan tentunya di dukung TNI Polri” ujar Rizvy.

Selain itu dirinya meminta kepada seluruh petugas yang berjaga agar selalu berlaku sopan kepada para pengguna jalan dan jangan segan-segan menghimbau warga untuk menggunakan helm dan masker.

“Saya masih melihat, masih banyak warga yang tidak memakai masker. Ayolah jaga kesehatan kita bersama. Apapun bahannya, gunakanlah masker untuk melindungi kita dan keluarga kita,”pintanya.(gS/pL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *