oleh

Harnojoyo Resmikan Jalur Sepeda Sepanjang 6 KM

-Palembang-12 views

GoSumsel – Jalur sepeda sepanjang 6 kilometer (km), diresmikan Wali Kota Palembang, H. Harnojoyo. Artinya, total jalur khusus untuk para goweser yang ada di kota pempek ini, memiliki panjang 22 km, yang dibagi menjadi tiga bagian.

“Ya, alhamdulillah, pagi ini kita meresmikan jalur sepeda, dimana, ini adalah jalur sepeda ketiga yang kita buat untuk para pesepeda Kota Palembang,” ungkapnya usai meresemikan jalur sepeda di kawasan Kambang Iwak Palembang, Minggu (11/10).

Peresmian jalur ketiga khusus sepeda ini, ungkap Harnojoyo kepada awak media, karena terus berkembangnya pecinta sepeda di kota pempek ini. Melihat hal itu, maka perlu ada pengaturan yang dilakukan pemerintah, salah satunya adalah menyediakan jalur khusus sepeda.

“Untuk jalur ketiga ini, memiliki panjang track sejauh 6 kilometer mulai dari Kambang Iwak sampai ke Jl. Angkatan 45. Kita akan terus menambah jalur khusus sepeda, karena memang jumlah pesepeda di kota ini terus bertambah,” ulasnya.

Dalam kesempatan itu, Harnojoyo mengucapkan terimakasih kepada semua sponsor khususnya Bank Sumsel Babel yang telah memberikan suportnya kepada Pemerinrtah Kota (Pemkot) Palembang dalam mewujudkan fasilitas bagi pesepeda di Kota Palembang.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Bank Sumsel Babel yang telah mengucurkan dana Corprate Social Responbility (CSR) untuk pembangunan jalur sepeda ketiga ini. Kedepan kita akan membangun dua jalur lagi, Kambang Iwak – BKB dan BKB – Jakabaring. Kami memohon dukungan dari perusahaan-perusahaan lain untuk mewujudkan dua jalur sepeda lagi,” imbuhnya.

Kedepan, Harnojoyo menargetkan seluruh jalan di Kota Palembang, memiliki jalur khusus sepeda, sehingga kebiasaan bersepeda ini dapat menjadi budaya positif bagi semua masyarakat.

“Semoga olahraga yang mengasyikkan ini, betul-betul menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat untuk bepergian termasuk pergi kekantor. Disamping berolahraga juga mengurangi polisi udara,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Palembang, Agus Rizal menyampaikan, lokasi khusus jalur sepeda di Palembang saat ini terdapat 3 rute pembagian jalur dengan total panjang 22 kilometer.

Untuk rute pertama sepanjang empat kilometer melewati Jalan Tasik-Jalan Merdeka-Simpang Kantor Wali Kota-Jalan Rumah Bari-Jalan Palembang Darusalam-Jalan Sekanak-Jalan Merdeka dan Jalan Tasik.

Sedangkan rute kedua sepanjang 12 kilometer melewati Kompleks Olahraga Jakabaring-Jalan Gubernur A Bastari-Jalan HM Ryacudu, Jembatan Ampera, Jalan Merdeka-Jalan Rumah Bari dan Jalan Benteng Kuto Besak.

“Untuk hari ini kita resmikan jalur ketiga sepanjang 6 kilometer rute Kambang Iwak – Angkatan 45,” terangnya.

Mantan Camat Ilir Timur (IT) I ini menerangkan, jalur sepeda dibuka setiap hari pukul 05.00 WIB-10.00 WIB dan 15.00 WIB-19.00 WIB, kendaraan bermotor dilarang masuk ke area selama operasional jalur sepeda.

“Ini akan kita sosialisasikan agar pada saat jam tertentu tidak ada kendaraan bermotor yang parkir termasuk melintasi jalur sepeda, demi keamanan para pesepeda,” terangnya.(gS1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed