TMMD Reguler Brebes Selesai, Aktivitas Ekonomi dan Suasana Desa Sepi

GoSumsel, Brebes – Program TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes telah usai dilaksanakan di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada tanggal 21 Oktober 2020 lalu, sehingga saat ini aktivitas warga kembali normal dan jalan desa pun sepi dari lalu-lalang TNI.

Sejumlah komentar positif dari warga setempat terhadap hasil TMMD Reguler yang kini bermanfaat bagi majemuk profesi di desa tersebut, khususnya para petani yang mayoritas mendominasi penggunaan akses jalan sepanjang 2,2 kilometer lebar 4-6 meter, yang membentang di areal persawahan warga mulai dari Dusun Karanganyar tembus ke Dusun Kedung Kandri yang dulunya terisolir.

Kepala Desa Kalinusu, Wasid (44), mewakili seluruh warganya menyatakan terima kasih dan rasa puasnya terhadap hasil TMMD tersebut.

“Puas dan bangga pak dengan hasil pembangunan. Namun kini desa kami sepi setelah kepulangan anggota Satgas TMMD yang sudah kembali ke kesatuannya masing-masing,” ungkapnya, Senin (26/10/2020).

Wasid menceritakan kondisi perekonomian di desanya juga meredup dan hanya dikonsumsi warga setempat saja.

“Jadi dampak positif dari TMMD Reguler itu luar biasa, karena tidak hanya membangun infrastruktur desa saja, melainkan mensejahterakan pelaku ekonomi kecil,” imbuhnya.

Ditambahkannya, selain itu, adanya kegiatan non fisik berupa penyuluhan, sosialisasi, dan pelatihan-pelatihan, juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan SDM masyarakat dan menambah wawasan.

“Di TMMD Reguler juga banyak bantuan-bantuan sosial yang langsung diterima oleh warga kurang mampu,” pungkasnya. (gS/riil)

Oplus_131072

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *