oleh

Mobile Lab Biosafety Siap Deteksi Virus Covid-19

-Palembang-11 views

– Baru ada di RS Pertamina Plaju

GoSumsel – Wali Kota Palembang, melalui Staf Ahli bidang perekonomian, pembangunan dan investasi kota Palembang dr. Letizia, M.Kes, Selasa (3/11) meresmikan operasional Mobile Lab Biosafety level 2.

Usai peresmian, dr Letizia menerangkan jika Mobile Lab Biosafety ini, untuk pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR), yang bisa mendeteksi virus Covid-19.

Dilai itu, dirinya berharap dengan adanya alat yang canggih ini yang sudah sesuai dengan standar internasional otomatis pemeriksaan akan lebih akurat.

“Untuk sekarang baru ada di RS Pertamina Plaju. Kalau untuk laboratorium sudah ada di RS lain tapi kalau untuk mobile baru ada disini. Semoga kedepan bisa lebih banyak lagi bantuan-bantuan dari CSR kita harapkan seperti itu. Untuk membantu pemerintah menanggulangi penyebaran covid-19,” ujarnya.

Sementara, Direktur Utama PT. Pertamina Bina Medika IHC Dr. dr. Fathema Djan Rachmat, Sp. B. Sp. BTKV(K), MPH mengatakan, kelebihan mobile lab ini bisa melakukan golden standar pelaksanaan CPR test. Jadi yang bisa dilakukan di laboratorium yang ada di dalam RS dan di mobile ini hasilnya sama yaitu hasil test dengan sentisitas yang tinggi untuk bisa mendiagnosis adanya virus Corona.

“Mengenai biaya mengikut standarisasi dari pemerintah. Berlaku untuk umum kalau ada yang datang 1 atau 2 orang masih dilayani, atau pun dari perusahaan yang membutuhkan dan juga untuk kepentingan pasien-pasien yang ada di pelayanan RS apakah pasien BPJS atau pasien non BPJS semua dilayani.” ujarnya.

“Kami sudah menginstal 19 laboratorium yang molekuler yang sifatnya ada di tempat. Berikutnya kami akan tetap menambahkan lagi jumlah mobile PCR ini di beberapa kota dan juga menambakan laboratorium molekuler di beberapa tempat di Indonesia dalam rangka meningkatkan jumlah testing kita untuk menurunkan atau memutus rantai penularan. Mudah-mudahan dengan adanya mobile pemeriksaan PCR ini bisa membantu masyarakat di Palembang untuk menurunkan angka penularan dan kita bisa keluar dari pandemi covid-19,” pungkasnya. (Nkn).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed