oleh

Pemkot Palembang bersama Unsri Lakukan Kerjasama, Dr Ir Sukemi MT Lakukan Penelitian Kolam Retensi

-Palembang-11 views

GoSumsel – Universitas Sriwijaya (UNSRI) melaksanakan penelitian dengan mengambil topik pengamatan objek bawah air yang tenggelam akibat kecelakaan atau kelalaian. Hasil penelitian ini diterapkan pada program pengabdian masyarakat dengan mengukur kedalaman kolam retensi di Simpang Polda Sumsel.

Rektor Universitas Sriwijaya, Prof Anis Sagaf melalui Dr. Ir. Sukemi. MT menjelaskan, bahwa program pengabdian masyarakat ini bekerja sama antara Universitas Sriwijaya dengan dinas PUPR Kota Palembang bidang PSDA.

“Program pengabdian masyarakat ini, kami bekerjasama dengan pihak subdinas PSDA dinas PUPR Kota Palembang untuk mengukur ketinggian kolam retensi ini dengan menggunakan robot hasil penelitian penulis yang telah dipublikasikan pada conference internasional SICONIAN 2019 lalu,” ujar Sukemi, Sabtu (14/11).

Sukemi menambahkan, mudah – mudahan dengan bantuan robot ini yang telah kami uji cobakan didanau OPI Jakabaring dapat memberikan informasi ketinggian dan contour kolam retensi simpang Polda ini.

“Pihak terkait khususnya subdinas PSDA dinas PUPR Kota Palembang dapat menindaklanjuti hasil pengukuran ini yang dapat berupa pengerukan atau penyedotan lumpur, pasir atau benda-benda lain yang menyebabkan penurunan tinggi kolam ini,” katanya.

Sukemi menambahkan, luas kolam Retensi Simpang Polda Sumsel 5.655 m2 dan memiliki ketinggian kisaran 0,8-1,5 meter. Sehingga memerlukan pengawasan dan perawatan yang intensif terutama pada saat musim hujan. “Sehingga perlu dilakukan pengukuran ketinggian secara rutin agar tampungan air yang dapat diserap optimal,” pungkasnya.(yt)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed