oleh

Gambo Muba Tampil Memukau Peringatan Hari Ibu Lewat Virtual

-Muba-12 views

GoSumsel – Berlenggak-lenggok model catwalk fashion show mengenakan Gambo Muba pada rangkaian peringatan Hari Ibu oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPPA) Republik Indonesia, Selasa (22/12).

Fashion show Gambo Muba yang tampil pada rangkaian acara tersebut berhasil memukau tamu undangan dan pemirsa yang hadir secara virtual. Peringatan Hari Ibu oleh Kemen-PPPA kali ini mengusung tema Perempuan Berdaya, Indonesia Maju.

“Produk Gambo Muba ini salah satu contoh nyata kekuatan para Ibu yang mampu menghasilkan produk hingga menembus pasar internasional,” ungkap Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Ia menuturkan, Gambo Muba juga menunjukan pada dunia kalau kreatifitas para ibu juga sangat masif dilakukan oleh para ibu di daerah pelosok.

“Semoga produk Gambo Muba yang di inisiasi oleh Ketua TP PKK Muba ibu Thia Yufada dapat menginspirasi daerah lainnya untuk memberdayakan kaum ibu dengan menghasilkan produk-produk berkualitas,” harapnya.

Lebih Lanjut, disampaikan Menteri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bahwa sangat disayangkan apabila perempuan masih harus menghadapi berbagai ketimpangan, mulai dari mengakses, berpartisipasi, ikut menentukan arah, serta menikmati manfaat pembangunan.

“Terlebih Pandemi Covid-19 menempatkan perempuan dalam situasi yang lebih rentan. Hal ini tertuang dalam hasil survei dari UN Women yang menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 telah memperparah kerentanan ekonomi perempuan dan ketidaksetaraan gender, serta dapat mengancam upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s),” ulasnya.

Ia berharap, perempuan-perempuan Indonesia sadar betapa berharga dirinya. Utamanya karena tidak pernah berhenti merawat perjuangan para perempuan Indonesia di masa yang lalu, dalam gerak sekecil apapun, yang berarti melebihi apapun.

“Mari warnai PHI dengan peran, kerja, dan karya nyata dari anda semua, untuk Indonesia tercinta. Perempuan Berdaya, Indonesia Maju,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza mengucapkan selamat hari ibu khususnya bagi ibu-ibu di Kabupaten Muba.

“Ibu-ibu di Muba juga telah berhasil menunjukan pada dunia bahwasannya limbah getah gambir dapat menghasilkan produk yang luar biasa yakni Gambo Muba dan saat ini telah menembus pasar fashion internasional dengan tetap mengedepankan 3 prinsip yaitu hanya menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan dan pemanfaatan limbah disekitar serta yang terpenting adalah keberpihakan pada usaha mikro kecil dan menengah demi kemaslahatan masyarakat” ungkap Wanita Insipirasi Sumsel ini.

Peraih penghargaan Inspiring Figure Nasional ini menambahkan, Gambo Muba adalah kain khas metode jumputan, diwarnai dengan dicelup getah gambir yang awalnya dianggap limbah dan dibuang percuma. Kini dirinya mampu mendorong perajin gambir dengan merubah limbah menjadi pewarna utama kain. Sebagai produk Eco fashion, Gambo Muba memakai 100 persen pewarna alami antikimia.

“Ini juga menjawab isu international bahwa lebih dari 50 persen limbah kimia berasal dari limbah tekstil. Gambo Muba adalah aksi alternatif dan sumbangan Muba untuk dunia tekstil, produk ini tidak menghasilkan limbah kimia tetapi memanfaatkan limbah getah gambir sebagai pewarna alami Gambo Muba,” jelas Ketua Persatuan Wanita Olahraga (Perwosi) Sumsel tersebut.

Thia Yufada mengaku, Gambo Muba telah berhasil mengangkat derajat kaum wanita di desa dengan memanfaatkan limbah getah gambir menjadi produk bernilai tinggi yakni kain jumputan Gambo Muba. Produk limbah ramah lingkungan ini telah mendunia dan telah menjadi trend dunia mode fashion.

“Bukan hanya fashion kini produk Gambo Muba telah masuk ke hotel-hotel berbintang. Kini fashion Gambo Muba tidak hanya dikenal di nasional tapi juga dikenal hingga ke Cina, Kuwait dan Dubai,” pungkasnya.(gS/riil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed