oleh

Harnojoyo Keluarkan Surat Edaran Kapolrestabes Turunkan Ratusan Personil

-Palembang-12 views

GoSumsel – Dalam memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di Kota Palembang menjadi harga mati Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) saat perayaan Natal 2020 dan tahun baru 2021 untuk tetap mengedepabkan dan  mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Wali Kota Palembang H.Harnojoyo mengatakan, pihaknya juga telah menyiapkan surat edaran terkait perayaan Tahun Baru, sehingga perayaan Hari Natal dan Tahun Baru diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

“Karena ini masih masa Pandemi Covid-19, kita berharap perayaan natal dapat berjalan dengan baik dan perayaan tahun baru juga dapat berjalan dengan baik dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dimanapun kita berada,” kata Harnojoyo , Senin ( 21/12), saat mengukuti Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Musi 2020 bersama Kepolisian Resor Kota Besar Palembang dihalaman Mapolretabes Palembang jalan Gubernùr H.Bastari.

Saat ini, kata orang nomor satu di kota tertua di Indonesia ini, pihaknya telah mempersiapkan draf Surat Edarannya melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Terkait perayaan tahun baru nanti akan kita buat surat edarannya. Untuk spesifiknya nanti kita lihat,” singkatnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Anom Setyadji menyampaikan, sebagai kalender Kamtibmas, kegiatan operasi lilin merupakan kegiatan yang rutin dilakukan.

Dijelaskannya, selain mempedomani garis besar operasi, operasi lilin musi 2020 tersebut juga mempedomani Undang-undang karantina kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Untuk perayaan natal bagi kaum Nasrani dan perayaan tahun baru, tentu tahun ini harus berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana kita hidup masih dalam masa pandemi Covid-19,” ungkap Anom.

Jelang perayaan Hari Natal dikatakan Polrestabes Palembang juga telah melakukan koordinasi dengan pengurus-pengurus gereja serta tokoh-tokoh yang berkepentingan, sehingga protokol kesehatan juga dapat diterapkan dalam ibadah Misa Natal yang akan dilakukan.

“Kemudian untuk perayaan tahun baru, kami menghimbau dan mengingatkan seluruh masyarakat, mari kita rayakan bersama kegiatan perayaan tahun baru dengan  khidmat dan tetap mempedomani protokol kesehatan. Hindarilah kerumunan,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk anggota gabungan mulai dari TNI dan Polri serta anggota lainnya dari Pemkot Palembang turut bekerja sama dalam pengamanan serta melakukan penerapan disiplin protokol kesehatan.

“Dari anggota TNI ada 15.842, Polri ada 83.917 dan 5568 dari anggota instansi lainnya. Semantara itu dari Sat Pol PP kota Palembang akan mengerahkan 66 anggotanya untuk disebar di 11 titik dan personil Dishub sebanyak 114 dan sertai 2 mobil derek,” jelasnya.

Untuk personil lainnya akan ditempatkan di 1.600 di 7 pos pengamanan guna menjalankan kegiatan Kamseltibcar Lantas serta dan 675 di pos pelayanan mulai pengamanan dipusat pelayanan seperti Mal, bandara dan Stasiun.

“Saya rasa pengamanan ini tidak boleh dianggap agenda rutin  tahunan saja karena ditengah kondisi Covid 19 kita harus lebih cekatan dan tegas dalam menerapkan protokol kesehatan,”jelasnya.

Menurutnya lagi, untuk hiburan dan lain-lain saat Natal dan tahun baru tidak boleh melakukan kegiatan kerumunan serta keramaian, lebih baik diam dirumah serta melakukan doa dan zikir di rumah.

“Kami berharap dalam pelaksanaan  hari raya tersebut bisa berjalan dengan lancar terutama menjalankan protokol kesehatan dimanapun kita berada,”terangnya.(gS1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed