oleh

Telan Rp 52,8 Miliar, Proyek SBSN di Kemenag Sumsel Masuk Tiga Besar Nasional

-Palembang-19 views

GoSumsel – Saat melakukan kunjungan ke Kanwil Kemenag Sumsel, Rabu (30/12). Kepala Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI Dr. Ali Rokhmad M.Pd memberikan apresiasi atas realisasi proyek SBSN (surat berharga syariah negara) di lingkungan Kemenag Sumsel.

Menurut Ali Rokhmad, berdasarkan hasil evaluasi terhadap proyek-proyek SBSN di Kemenag Sumsel, baik pembangunan gedung PLHUT (pusat layanan haji dan umrah terpadu), pembangunan gedung Balai Nikah dan Manasik Haji di KUA, maupun pengembangan mutu sarana dan prasarana madrasah, semuanya teralisasi dengan baik, nyaris 100 persen. Tidak ada proyek SBSN yang mangkrak di jajaran Kanwil Kemenag Sumsel pada tahun 2020.

“Secara keseluruhan, proyek SBSN di Kemenag Sumsel masuk tiga besar nasional. Proyeknya tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu. Bahkan ada satu yang termasuk tercepat di Indonesia,” puji Ali Rokhmad.

Dia menilai, proyek ini bisa berjalan lancar karena tidak ada variabel pengganggu. Ali Rokhmad berharap kondisi ini bisa dipertahankan.

“Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil dan jajaran, termasuk pengelola SBSN. Pak Kakanwil teruslah melakukan pembinaan, memonitor, dan mengevaluasi,”jelasnya

“Ini proyek surga, mudah-mudahan menjadi amal jariah dan tiket kita ke surga. Jangan sampai ada proyek yang mangkrak seperti di beberapa provinsi sehingga proyek SBSN-nya dimoratorium. Gegara kesalahan satu orang atau pimpinan, yang menjadi korban adalah masyarakat yang dilayani. Hal ini tidak boleh terjadi di Sumsel. Bila proyek berjalan lancar, akan membuka pintu bagi yang lain untuk mendapatkan proyek SBSN,” pesan Ali Rokhmad lebih lanjut.

Dia menambahkan, pemerintah sendiri berencana terus melanjutkan proyek SBSN. Bagi yang membutuhkan silahkan mengajukan usulan.

“Untuk Kemenag Sumsel, pada tahun 2021 mendatang, sudah disiapkan dana lebih dari Rp 52,8 Miliar untuk proyek SBSN. Baik untuk pembangunan gedung PLHUT, Balai Nikah dan Manasik Haji, maupun pengembangan mutu sarana dan prasarana madrasah. Kita juga berencana membangun PLHUT di tingkat Provinsi. Dan pada 2022 kita berencana membangun PLHUT di Arab Saudi,” jelas Ali Rokhmad.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumsel Dr. Drs. H. Mukhlisuddin SH, MA mengaku sangat senang dengan kedatangan Kepala Biro Perencanaan. Menurut Mukhlisuddin, Kepala Biro Perencanaan selama ini telah banyak membantu dalam pembangunan sarana dan prasarana di Lingkungan Kemenag Sumsel.

“Kita tahu bahwa Bapak Kepala Biro sangat sibuk karena yang diurus bukan hanya Kemenag Sumsel, tapi Kemenag di seluruh Indonesia. Karenanya, kami bersyukur Bapak Kepala Biro berkenan meluangkan waktu datang ke Kota Palembang. Kami mohon bimbingan serta nasehat, dan tentu saja bantuan untuk prospek pembangunan di Kemenag Sumsel ke depan terus berlanjut,” tutur Mukhlisuddin.

Pada kesempatan itu, Kakanwil juga melaporkan sejumlah proyek SBSN di Lingkungan Kemenag Sumsel pada tahun 2020. Untuk PLHUT ada tiga lokasi yang dibangun, yakni PLHUT Kemenag Kabupaten Musi Rawas, PLHUT Kemenag Kota Prabumulih, dan PLHUT Kemenag Kota Palembang.

Sedangkan untuk pengembangan mutu sarana dan prasarana madrasah, ada tiga lokasi yaitu di MAN Insan Cendekia OKI, MAN 1 Palembang, dan MAN 3 Palembang. Sedangkan untuk proyek pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji ada di enam lokasi yaitu di Kabupaten Lahat, Kabupaten Muaraenim, Kabupaten OKU Selatan, Kabupaten Banyuasin, Kota Prabumulih, dan Kabupaten OKU Timur.

“Alhamdulillah semuanya berjalan dan bisa diselesaikan sesuai dengan rencana,” tutur Mukhlisuddin.

Kunjungan Kepala Biro Perencanaan sendiri diterima Kakanwil di Aula Kantor Wilayah. Turut hadir mendampingi Kabag Tata Usaha, Para Kepala Bidang, para Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota serta para Kepala Madrasah. Setelah mengunjungi Kanwil, Kepala Biro Perencanaan dan Kakanwil meninjau proyek SBSN di MAN 1 Palembang.(gS1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed