oleh

RAMAI Soroti Peran Pemuda dalam Wujudkan Sumsel Zero Konflik

-Palembang-61 views

GoSumsel – Rumah Mimbar Harmonisasi (Ramai) ikut serta menyoroti peran pemuda dalam mewujudkan Sumatera Selatan (Sumsel) zero konflik.

Upaya ini dilakukan dalam bentuk diskusi bersama berbagai pihak yang digelar di secara virtual pada Sabtu, (27/2) sore.

Koordinator Ramai Sumsel, Imam Santoso, S.Pd mengatakatakan, menguti kata Gusdur, NKRI adalah negara yang majemuk, negara yg terdiri dari ras,suku, agama dan golongan yang berbeda, negara pluralisme.

“Ini menjadi keberkahan kita sendiri SDA yang melimpah, budaya dan bahasa beraneka ragam, tentu hal ini tidak mudah kita menjaga keragaman ini, belum lagi dari ancaman intoleransi, paham radikalisme yg berujung kepada aksi terorisme,” ungkapnya.

Menutnya, golongan yang disasar, bukan lagi golongan tua, namu generasi muda sekarang ini. Sehingga pemuda menjadi ujung tombak dalam membentengi diri serta mewujudkan Sumsel ze konflik,” ucapnya.

Dijalaskannya, pemuda harus ikut andil dalam mencegah perpecahan, serta masuknya paham radika yang bisa memicu terjadi konflik.

“Kami sangat setuju dengan ditekennya Perpres RAN PE 2021-2024 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan Dan Penanggulabgan Ektremisme yang mengarah kepada Aksi Terorisme. Tapi dengan catatan, baik pemerintah pusat dan daerah dan beberapa unsur stakeholder yang terlibat memang harus tepat mengkordinasikan, memantau, mengevaluasi dan mengedukasi dan ikut menyertakan unsur masyarakat dan pemuda” tegasnya.

Dia mengaku, RAMAI hadir bagi generasi-generasi ditengah masyarakat, organisasi ini terdiri dari pemuda-pemuda yang memiliki passion dibidang digitalisasi untuk menyebarkan konten-konten positif di dunia maya ataupun dilingkungan masyarakat.

“Kami terbuka bagi teman-teman untuk ikut bergabung bersama kami, menjadi volunter bersama kami untuk bisa berkolaborasi dalam menggaungkan perdamaian,” ucapnya.(yanti)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed