oleh

Kontes Ayam Berugo Lestarikan Ayam Sumatera

-Ogan Ilir-203 views

GoSumsel – Salah satu ayam khas yang dimiliki Sumatera adalah ayam berugo. Namun saat ini keberadaan ayam tersebut mulai langkah ditengah masyarakat.

Tak ingin kelestarian ayam khas Sumatera itu terkikis dan tergerus oleh perkembangan zaman maka Komunitas Ayam Berugo (Kaber) menggelar kontes ayam berugo regional.

Yang digelar pada Minggu (11/4), bertempat di destinasi wisata edukasi Kebun si Punai, di desa Tanjung Seteko, Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir.

Tak tanggung-tanggung para peserta kontes pun tidak hanya berasal dari dalam kota saja tetapi juga berasal dari luar daerah seperti, Palembang, Banyuasin, Muba, Prabumulih, Kayu Agung, Lubuk Linggau, Muara Enim, Batu Raja, dan lainnya.

Kontes yang digelar satu hari itu memperlombakan empat kelas kategori yakni kategori kelas hutan asli ori.

Kemudian kelas dua F one yakni keturunan pertama dari hutan asli dengan ayam kampung.

Kelas tiga yakni kelas berugo biasa keturunan selanjutnya. Dan terakhir kelas empat yakni kelas unik yang dilihat dari warna, jalak hitam putih, belorok, dan papak.

Setiap kelas dijelaskan Ketua Panitia, Gumanti, memperebutkan lima piala. Adapun kriteria penilaian diantaranya, suara, pialan, telinga, buluh, fostur, warna, ekor, kaki, dan agresif.

Diakui Gumanti, kontes ayam berugo yang dilakukan di Kabupaten Ogan Ilir merupakan yang perdana di luar kota Palembang dan berharap akan terus dilakukan di Kabupaten-Kabupaten lainnya sehingga keberadaan ayam berugo terus dikembangkan dan dilestarikan masyarakat.

Apalagi mengingat harga ayam berugo setelah adanya kontes jauh lebih menjanjikan untuk meningkatkan sektor ekonomi keluarga.

Kontes tersebut lanjut Gumanti sengaja dilaksanakan di objek wisata edukasi kebun si punai karena selain tempatnya yang memang strategis, menyatu dengan alam juga sangat cocok bagi keluarga yang ingin hiburan bersantai ria.

Dengan harapan nantinya keberadaan wisata kebun si punai bisa dikenal dan diminati banyak pengunjung.

Karena wisata edukasi kebun si punai ini banyak sekali menyediakan fasilitas yang memberikan edukasi kepada para pengunjung sehingga sangat banyak manfaat yang dirasakan jika datang ke lokasi wisata tersebut.

Owner Wisata Edukasi Kebun Si Punai, Irtanto mengatakan, jika wisata edukasi Kebun Si Punai sengaja disajikan kepada masyarakat mengingat masih minimnya wisata edukasi.

Banyak sarana dan fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung seperti sarana kolam renang bagi anak-anak, sarana camping keluarga, kolam pemancingan berikut hiburan wahana air.

Kedepan wisata ini akan terus dikembangkan sebagai salah satu objek wisata pilihan keluarga dengan menggandeng pemerintah dan dinas terkait, pariwisata.

Sementara itu, Kepala Desa Tanjung Seteko, Irham Sulaiman, mengaku sangat senang dan berterimakasih kepada pihak penyelenggara yang telah memilih wisata edukasi kebun si punai sebagai ajang lokasi kontes.

Dengan demikian nama wisata edukasi kebun si punai akan semakin dikenal karena selama ini sudah menjadi impian dirinya untuk menjadikan desanya sebagai desa wisata. (Redi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed