oleh

Menko Perekonomian Apresiasi Kontribusi Bupati DRA Bangun Perekonomian Sumsel

-Muba-67 views

GoSumsel – Bupati Musi Banyuasin Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA, Kamis (1/4) melaksanakan Audiensi dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

Pada audiensi tersebut juga dilaksanakan Rapat Pertemuan Perwakilan Ketua Kadin Se-Indonesia untuk membahas berbagai macam upaya pemulihan perekonomian ditengah Pandemi COVID-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto dalam kesempatan tersebut mengapresiasi, program yang telah dipersiapkan oleh Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA yang Ketua Kadin Sumsel tersebut.

“Kami berharap dengan adanya program tersebut Sumatera Selatan dapat memberikan kontribusi yang positif dalam membangun perekonomiannya,” ungkapnya.

Lanjut dia, skema memaksimalkan pemulihan perekonomian yang digagas Bupati Dodi Reza sangat tepat dan menyasar semua sektor.

“Khususnya sektor pertanian dengan inisiasi replanting atau peremajaan kelapa sawit yang pertama di Indonesia serta terobosan inovasi pembangunan infrastruktur aspal karet dan pengolahan kelapa sawit menjadi bensin atau bahan bakar nabati,” urainya.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA, mengatakan banyak program yang telah disiapkan dan telah direalisasikan untuk terus berupaya mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional.
Untuk itu Kadin di Sumsel harus tetap optimal memberikan kontribusi positif kepada warga dan masyarakat di Sumsel.

“Ya, pastinya kami akan terus menggenjot percepatan pemulihan ekonomi ini. Dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi ini, vaksinasi menjadi salah satu program yang kita siapkan,” ujarnya.

Kemudian, memaksimalkan konektivitas pembangunan infrastruktur, seperti jalan tol hingga pelabuhan di wilayahnya. Kemudian, pihaknya akan mendorong pemerintah dalam hal hilirisasi komoditas perkebunan kelapa sawit dan karet,” lanjutnya

“Karena hilirisasi itu terbukti berhasil mendorong perekonomian daerah. Selain itu, kita akan menjembatani asosiasi pengusaha. Dalam hal ini Berbagai organisasi juga telah menyatu di dalam Kadin Sumsel ini,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Daerah Inovatif itu melaporkan bahwasannya dalam waktu dekat hasil replanting kelapa sawit pertama di Indonesia yang dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada 2017 lalu akan dilaksanakan panen perdana melakukan panen perdana Peremajaan Sawit Rakyat pertama di Indonesia tahun 2021, sekaligus meresmikan proses hilirisasi kelapa sawit yang dihasilkan dari Peremajaan Sawit Rakyat dengan mengolah IVO (industrial vegetable oil) sebagai bahan bakar energi nabati (biohidrocarbon) menjadi bensin sawit di Kabupaten Musi Banyuasin yang juga merupakan lokasi pilot project Program Strategis Nasional terkait Kebijakan Energi Baru Terbarukan yang dijadwalkan akan dihadiri Menko Perekonomian yang mendampingi Presiden RI Joko Widodo.

“Saat ini capaian PSR di Kabupaten Musi Banyuasin merupakan salah satu yang terluas dan terbaik di Indonesia dengan luas sebesar 14.919 Ha, dari luasan tersebut seluas 4.446 Ha diantaranya sudah berproduksi atau menghasilkan,” imbuhnya.

“Semoga peremajaan kelapa sawit menunjukkan hasil dan akan diharapkan berdampak serta memberikan kontribusi untuk masyarakat serta petani di Muba,” tandasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut yakni Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Anindya Novyan Bakrie, dan Ketua Umum KADIN dari seluruh Provinsi di Indonesia.(gS/riil)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed