G to G, OKI Latih Pemuda untuk untuk Dikirim ke Jepang

GoSumsel – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir fokus terhadap program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya tenaga kerja terampil melalui program pemagangan ke Jepang. Sebanyak 30 pemuda-pemudi terpilih se Sumsel mengikuti pelatihan di Gedung Diklat Teluk Gelam OKI sebelum diberangkatkan ke Jepang.

Selain gaji yang besar, pengiriman tenaga magang ke negeri Sakura ini juga untuk pembenahan etos serta keterampilan kerja mampu jadi modal pemuda OKI untuk berwirausaha.

Hal tersebut disampaikan Bupati OKI melalui Asisten Bidang Umum dan Administrasi Setda OKI, H. M. Lubis, S. KM, M. Kes saat membuka pelatihan bagi tenaga kerja magang yang akan di berangkatkan ke Jepang pada Senin, (7/6)

“Program ini sangat disenangi karena bisa menimba ilmu dan pengalaman langsung di Jepang sehingga mereka bisa menjadi tenaga kerja terlatih,” kata Lubis.

Program G to G antara pemerintah Jepang dan pemerintah RI ini memiliki beberapa keunggulan, seperti tersedianya jaminan penempatan dan perlindungan, dilatih baik di daerah maupun di pusat.

“Untuk pelatda Sumsel di pusatkan di Teluk Gelam sementara pelatihan nasional di Bekasi sebelum diberangkatkan ke Jepang” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi OKI, S. Sudiyanto Dja’far.

Peminat magang ke Jepang menurut Sudiyanto cukup banyak setiap tahunnya, namun kebanyakan peminat terkendala kemampuan bahasa asing yang masih di bawah standar kecakapan minimal.

“Persoalan itu menjadi perhatian tersendiri bagi calon pekerja ke Jepang agar kemampuan bahasa asing disiapkan jauh-jauh sebelum mendaftarkan diri,” pesannya.(Redi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *