Pers dalam Kemajuan Demokrasi, Ini Kata Ketua PWI Sumsel, Ketua Parpol dan Pengamat

Ketua PWI Sumsel (kanan) memberikan piagam penghargaan

GoSumsel – Pers dan partai politik (parpol) suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam kemajuan demokrasi di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar (Firko), dalam Ngopi Cow, ngobrol pintar cara wartawan di sekretariat PWI, jalan Supeno nomor 11, Sabtu (26/2).

Yang mana antara parpol pers meskipun relnya beda, tapi tetap muaranya sama menuju kemajukan demokrasi.

Seperti kondisi saat ini yang kelangkaan minyak goreng (migor), sah sah saja bila pers mempertanyakan peran dan fungsi parpol terkait kelangkaan migor ini.

“Yang jelas pers berfungsi sebagai kontrol sosial, sebagai pilar demokrasi,” ucapnya sebagai Nara sumber dalam diskusi kontribusi parpol dan publik dalam sinergi membangun pers yang memajuka demokrasi.

Dilain itu Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumatera Selatan Drs Ramlan Holdan mengharapkan sinergi bersama dalam menciptakan insan pers yang profesional dan handal.

“Mungkin bisa kita bisa bentuk kerjasama dalam pelatihan awak media. Sehingga mengetahui pengetahuan ,”terangnya

Dirinya juga memikirkan kejelasan nasib insan pers ke depan, dengan berbagai resiko.

“Yang dipentingkan integritas insan pers, apalagi sekarang ini banyak platfrom sosial media seperti YouTubers. Jangan sampai tenggelam,”

“Teman – teman DPR telah memikirkan itu, sehingga insan pers terlindungi. Dan
saya mendorong pemerintah daerah melalui partai politik untuk memikirkan insan pers,”terangnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumsel Jon Heri, S.Sos mempertanyakan apa kontribusi parpol kepada media.

“SMSI pernah melakukan kerjasama ke salah satu parpol, dan itu sah. Tapi meski sudah kerjasama saya ingatkan kita tetap sebagai kontrol sosial, benar katakan benar, salah katakan salah,” teranganya.

Pemerhati sosial politik Sumsel Bagindo Togar tetap berkeyakinan ditangan insan pers demokrasi kita bisa maju, karena pers salah satu pilar demokrasi.

“Pers lah bisa mencerdaskan masyarakat, dengan memberikan informasi,”ungkapnya.

Dikesempatan itu juga Ketua KPU Sumsel diwakili anggota KPU H Hasyim SE, M.Si tetap mengharapkan sinergi dengan awak media.

“Apalah daya kami tanpa insan pers, wartawan jangan tinggalkan kami, sosialisasi kami tidak akan berjalan tanpa kalian,”tandasnya.(riil/gS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *