Pembangunan Infrastruktur IKN Mulai Rumah Sakit Hingga Kawasan Terpadu

GoSumsel – Presiden Joko Widodo, sangat fokus dengan pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Beberapa sarana dan prasarana mulai dibangun.

Seperti pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) pemerintah, dimana sebelumnya tiga rumah sakit swasta telah melakukan ground breaking pada September dan November yang lalu yakni, RS Hermina, RW Abdi Waluyo, dan RS Mayapada

“RSUP di Nusantara akan dibangun dengan konsep gedung hijau dan memiliki konsentrasi pada pengobatan penyakit jantung dan stroke,”jelas Presiden melalui akun medsos, Kamis (21/12/2023).

Dengan keberadaan rumah-rumah sakit yang memiliki fasilitas lengkap dan modern, Presiden berharap rumah sakit di IKN akan dapat menjadi rujukan untuk pengobatan bagi masyarakat Indonesia.

Pembangunan Kawasan Terpadu

Pemerintah juga membangun sebuah kawasan yang bernama Nusantara Superblock. Investasinya tidak sedikit. Nusantara Superblock dibangun di atas lahan seluas 7,5 hektare yang dilengkapi pusat perbelanjaan 40.000 m2, hotel bintang lima 215 kamar, hotel bintang empat 200 kamar, apartemen delapan tower, office building dua tower, sekolah internasional, dan tempat hiburan.

Pembangunan Nusantara Superblock di IKN yang merupakan kontribusi dari investor Kalimantan Timur. Saya berharap Nusantara Superblock akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur, dan dapat menumbuhkan kesempatan kerja yang luas bagi masyarakat lokal,”terang Presiden.

Melihat kemajuan pembangunan hotel Nusantara yang telah mencapai 34 persen, Presiden optimistis hotel ini dapat rampung dan digunakan pada Agustus 2024.

“Pembangunan sejumlah proyek yang ada di IKN pada saat ini menunjukkan semakin bertambahnya minat investor untuk berinvestasi di sana. Oleh karena itu, setiap infrastruktur yang telah dilakukan ground breaking harus terus dicek perkembangannya setiap bulan,” tandasnya.(gS1)