Usai Pelantikan Pengurus, DPD PIM Sumsel Rencanakan Hari Kebaya Nasional

Pelantikan pengurus DPD PIM Sumsel (foto : Nanda)

GoSumsel – Dewan Pimpinan Daerah Perempuan Indonesia Maju (DPD PIM) Sumatera Selatan mengadakan acara pemberian plakat pelantikan pengurus DPD PIM Sumsel dan pelantikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PIM Sumsel di ballroom Hotel Aryaduta Palembang pada hari Rabu. Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh perempuan dari Sumsel dan sekitarnya.

Ketua DPD PIM Sumsel, Hj. Helen Ganefo, S.Keb., M.Kes, menyatakan bahwa masih banyak tugas yang harus diselesaikan, terutama pembentukan DPC di 13 kabupaten se-Sumsel. “Ini adalah langkah awal untuk memperkuat jaringan PIM di seluruh Sumatera Selatan,” ujar Helen dalam pidatonya.

Dalam rencana ke depan, DPD PIM Sumsel akan menyelenggarakan Hari Kebaya Nasional pada Juli 2024. Kegiatan ini akan melibatkan kerja sama dengan Ketua DPRD Sumsel dan Ibu Pj. Walikota Palembang. “Kami berharap bisa menggerakkan ibu-ibu di Sumsel untuk berkebaya secara nasional pada acara tersebut,” tambah Helen.

Selain itu, Hj. Helen juga mendorong perempuan-perempuan di Sumsel untuk aktif dalam dunia politik. Ia berharap ke depannya semakin banyak perempuan Sumsel yang duduk di kursi DPRD Sumsel. “Perempuan harus berani tampil dan berkontribusi dalam pengambilan keputusan,” tegasnya.

Ketua Umum PIM, Lana T. Koentjoro, yang juga hadir dalam acara tersebut, menjelaskan bahwa anggota PIM kini telah tersebar di 26 provinsi di Indonesia dan di beberapa negara seperti Hong Kong, Amerika, Prancis, dan London. “Ini menunjukkan bahwa perempuan Indonesia bisa bersaing dan berkontribusi di tingkat global,” katanya.

Dengan pelantikan pengurus DPD PIM Sumsel, Lana berharap organisasi ini dapat lebih banyak bekerja sama dengan komunitas setempat dan organisasi lainnya. “Kita harus bersatu untuk memajukan program penguatan perempuan di seluruh Sumatera Selatan,” ujar Lana.

Lana juga menyoroti beberapa program yang telah ada, seperti bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, UMKM, fashion, dan kuliner. Menurutnya, bidang-bidang tersebut memiliki peluang yang sangat bagus untuk penguatan peran perempuan di Sumsel. “Kami berharap program-program ini bisa berjalan dengan baik dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua panitia pelaksanaan pelantikan, Dr. Hj. Nurmala, SH., MH, mengungkapkan harapannya agar DPD PIM Sumsel tidak hanya menjadi sebuah organisasi, tetapi juga langkah konkret untuk membawa perempuan Indonesia maju, mandiri, dan hebat. “Di dalam PIM terdapat perempuan hebat dari berbagai kalangan yang siap berkontribusi,” ujarnya.

Nurmala juga menekankan pentingnya PIM dalam memotivasi perempuan lain di Sumsel agar menjadi mandiri. “Dengan adanya PIM, kami berharap bisa menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya untuk berani berdiri sendiri dan meraih sukses,” katanya.

Sebagai penutup, Hj. Nurmala berharap PIM dapat terus bekerjasama dengan pemerintah untuk membawa perempuan Indonesia menjadi lebih maju. “Kerjasama dengan pemerintah sangat penting untuk mencapai tujuan kita bersama,” tutupnya.

Acara pelantikan ini diharapkan menjadi awal yang baik bagi DPD PIM Sumsel untuk terus berkiprah dan memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan perempuan di Sumatera Selatan dan Indonesia pada umumnya.(Nanda)