Temui Perum Perumnas, Pj Wali Kota A Damenta Sampaikan Rencana Revitalisasi Rumah Susun

Audiensi Pj Wali Kota Palembang dengan pihak Perum Perumnas (foto : Kominfo for gS1)
banner 120x600
banner 468x60

GoSumsel – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, bersama berupaya mempercantik wajah Kota. Dimana, Pj Walikota A Damenta, salah satunya dengan melakukan audiensi bersama jajaran Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas) di Jalan Mayor Jenderal DI Panjaitan, Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Dalam pertemuan tersebut, A Damenta
mengutamakan terkait rencana revitalisasi kawasan kumuh persisnya di area Rumah Susun (Rusun), Kecamatan Ilir Barat (IB) I, Palembang.

banner 325x300

Disambut Direktur Pemasaran Perum Perumnas Imelda Alini Pohan beserta jajaran. Pj Walikota menuturkan bahwa jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang memiliki beberapa program terkait penataan ruang dan juga layanan dasar sehingga perlu berkoordinasi dengan stake holder terkait terutama Perum Perumnas.

Dalam kegiatan ini, Pj Walikota juga menjelaskan bahwa ia bersama jajaran sudah melakukan tinjauan langsung di lokasi rumah susun.

Kawasan rusun ini sudah seharusnya menjadi perhatian serius karena termasuk daerah yang padat penduduk di tengah kota dengan kondisinya yang sudah tak layak huni.

Terlebih lagi umur bangunan yang sudah cukup tua berdiri sekitar tahun 1980an yang terdiri dari kurang lebih sekitar 3.250 kepala keluarga.

“Poin utamanya setelah kami lihat memang sudah tidak layak sebagai tempat hunian, tempatnya tidak sehat untuk itu kami ingin mengetahui apa program selanjutnya dari Perum Perumnas,” ujar A Damenta.

Ia berusaha agar revitalisasi kawasan rusun bisa terealisasi dengan secepatnya.

“Target kami, paling tidak sampai akhir tahun ini sudah ada esksekusi termasuk persoalan sampah dan drainase,” bebernya.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Perum Perumnas Imelda Alini Pohan menyambut baik apa yang sudah dipaparkan oleh Pj Walikota Palembang.

Imelda mengungkapkan bahwa sebenarnya persoalan rusun di IB 1 sudah menjadi pembahasan Perum Perumnas sejak tahun lalu.

“Kita juga melalukan koordinasi dengan pihak terkait yang fokus dengan pemukiman kumuh dan sebenarnya ini sudah masuk dalam rencana ke depannya Perumnas,” tutupnya.(gS1/riil)

banner 325x300