Berhasil Pertahankan Adipura 12 Kali, Ini Harapan Harnojoyo

GoSumsel – Kota Palembang kembali berhasil meraih piala Adipura tingkat pertama katagori Kota Metropolitan tahun 2018. Piala tertinggi dibidang lingkungan ini, diserahkan secara langsung oleh Wakil Presisen RI Jusuf Kalla kepada Walikota Palembang H.Harnojoyo Senin (14/1) pagi, di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Penerimaan piala Adipura awal tahun 2019 ini, mengenapkan 12 kali secara berturut turut Kota Palembang mampu mempertahankan piala tersebut.

Walikota Palembang H.Harnojoyo mengatakan, diraihnya penghargaan Adipura untuk ke 12 kali secara berturut, menjadi bukti bahwa kota tertua di Indonesia ini, bersama seluruh masyarakat serius dan terus berkomitmen untuk membangun lingkungan hidup di Kota Palembang, sehingga slogan Palembang Emas Darussalam benar-benar terwujud di tengah kehidupan masyarakat.

Terlebih, saat ini Kota Palembang tengah gencar mewujudkan anak sungai di Kota Palembang bebas dari sampah.

Selain itu, orang nomor satu di Kota Palembang ini juga berharap, agar penghargaan Adipura bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan, keindahan, keteduhan, dan kenyamanan kota di masa mendatang.

“Dengan meningkatnya kesadaran masyarakat, meyakini, akan mampu meraih Adipura Kencana pada penilaian di tahun-tahun mendatang,” kata Harnojoyo.

Sudah menjadi komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bersama jajaranya kata Harnojoyo, seluruh anak sungai, Sungai Musi yang ada harus terbebas dari sampah dan menciptakan lingkungan masyarakat yang bersih yang muara akhirnya akan menciptakan pola masyarakat hidup sehat.

Sementara, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla menuturkan program Adipura merupakan salah satu instrumen Pemerintah dalam mendorong implementasi kebijakan lingkungan dengan pendekatan wilayah, pendekatan implementasi kebijakan persampahan, dan pendekatan implementasi kebijakan penghijauan.

“Salah satu kriteria penilaian dalam penghargaan Adipura adalah dalam hal implementasi atas amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah, upaya dan hasil dalam memenuhi target nasional pengelolaan sampah, yaitu pengurangan sampah 30 persen dan penanganan sampah 70 persen pada 2025 serta upaya yang mendorong penerapan sistm pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu sampai hilir di setiap Kabupaten/Kota,” jelasnya.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 (PSLB3) KLHK, Rosa Vivien Ratnawati menyebutkan melalui program Adipura Pemerintah Kabupaten/Kota diharapkan dapat mendukung target pengelolaan sampah sebesar 100 persen pada tahun 2025 dan menjadi strategi nasional pengelolaan sampah 2025 dengan cepat dan terukur.

“Ini juga sebagaimana diamanatkan oleh Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah,”pungkasnya.(gS/riil)

Oplus_131072

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 komentar

  1. I was recommended this web site by way of my cousin. I’m
    no longer certain whether this put up is written via him as
    nobody else understand such special about my difficulty. You
    are amazing! Thanks! I saw similar here: Sklep

  2. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets I could add to my blog
    that automatically tweet my newest twitter updates. I’ve been looking for a plug-in like this for quite some
    time and was hoping maybe you would have some experience with something like this.
    Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading
    your blog and I look forward to your new updates. I saw similar here: Ecommerce

  3. Hello there! Do you know if they make any plugins
    to assist with SEO? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success.
    If you know of any please share. Appreciate it!
    You can read similar blog here: Najlepszy sklep

  4. Good day! Do you know if they make any plugins to
    help with SEO? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing
    very good results. If you know of any please share.

    Thank you! You can read similar article here: Sklep internetowy